Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini investasi mendapat banyak perhatian dari berbagai kalangan. Hal ini menyebabkan banyak pemula yang mulai tertarik untuk membeli saham yang bagus untuk investasi jangka panjang. 
Sebagai pemula dalam investasi tentunya masih ada banyak hal yang perlu dipelajari, Apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi?


CARA MEMILIH SAHAM YANG BAGUS

Sebagai pemula, Anda perlu jeli dalam menentukan saham yang akan dibeli. Banyak sekali pilihan saham yang tersedia di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Maka dari itu, perlu diketahui kriteria saham yang cocok untuk Anda, terlebih jika ketersediaan modal yang ada terbatas.

1. Melihat Pergerakan Harga Saham
Setiap waktu bahkan sampai hitungan detik harga saham ini terus saja bergerak fluktuatif. Sama halnya dengan jual beli pada umumnya, jika permintaan saham suatu perusahaan tinggi maka harganya pun ikut tinggi.

Namun begitu, harga saham ini tidak langsung berubah secara drastis, inilah yang perlu Anda waspadai saat akan membeli saham, jangan pernah membeli saham yang pergerakan harganya cukup fantastis.

Misalnya saham awalnya Rp.500 per lembar, namun saat penutupan untuk sesi 1 berubah menjadi Rp.1000 per lembar, kemudian harganya naik lagi pada penutupan sesi 2. Perubahan harga seperti itu tentunya tidak wajar, dan biasanya saham dari perusahaan tersebut terkena ARA atau Auto Reject Atas dari BEI.

2. Melihat Perubahan Volume Perdagangan
Peningkatan harga saham suatu perusahaan juga dibarengi dengan meningkatnya volume perdagangan. Namun Anda perlu waspada terhadap saham yang tiba-tiba pupuler dalam waktu singkat dan mengalami penurunan harga menjadi sangat murah.

BACA JUGA : Nama-nama Perusahaan Reksadana Terbaik 2020 hingga 2021

Hal tersebut dapat mengindikasikan adanya permainan saham oleh investor pemodal besar. Pastikan Anda tidak mudah tertarik dengan murahnya harga saham tersebut, karena selain melihat harganya, Anda juga perlu melihat kredibilitas saham untuk investasi sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

3. Laba Dari Perusahaan
Perubahan volume perdagangan saham dari suatu perusahaan akan memberikan pengaruh terhadap laba yang diterima perusahaan tersebut. Namun jika hal seperti ini tidak terjadi, maka Anda tidak perlu memilih perusahaan tersebut, karena fundamental yang dimilikinya tidak bagus.

Berbicara mengenai saham yang bagus saat ini, maka Anda perlu tahu bahwa dalam pembelian saham terdapat hal-hal fundamental dari perusahaan yang perlu Anda ketahui. Perusahaan yang memiliki hal dasar yang kuat, maka harga saham yang dimiliki cukup bagus.

BACA JUGA : Daftar Reksa Dana Pasar Saham Terbaik, Bertahan dalam Guncangan Pandemi

Diantara hal-hal tersebut adalah manajemen perusahaan yang solid dan profesional, kondisi keuangan perusahaan yang bermasalah atau tidak,dan orang-orang yang terlibat dalam manajemen perusahaan memiliki kejujuran dan etika yang baik atau tidak.

Sebagai pemula yang sedang memilih saham yang bagus saat ini memang perlu mempertimbangkan banyak hal. Namun dengan usaha yang sungguh-sungguh Anda bisa mendapatkan saham yang bagus untuk pemula.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama