Investasi bukan hal baru bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir banyak pemodal yang berasal dari beragam latar pekerjaan. Investasi menjadi hal umum yang sudah dibicarakan dan dilakukan oleh banyak orang.

Salah satu media investasi yang telah memiliki jam terbang tinggi adalah Reksa dana. Reksa dana menawarkan sebagai media investasi yang mudah dan bisa dimulai dengan modal kecil. Saat ini telah banyak aplikasi Reksa dana yang memungkinkan anda untuk memulai dan memantau investasi anda dari mana saja.

BACA JUGA : Rekomendasi Aplikasi Reksadana yang bagus untuk pemula memulai investasi di usia muda.

Berikut adalah jenis-jenis reksa dana yang bisa anda pilih untuk berinvestasi.
  1. REKSA DANA PASAR UANG
    Reksa dana jenis pasar uang dilakukan dengan cara investasi pada instrumen pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun. Jenis ini dinilai paling aman karena memiliki low risk (risiko rendah).

  2. REKSA DANA PENDAPATAN TETAP
    Reksa dana jenis pendapatan tetap adalah melakukan investasi menggunakan asetnya sebanyak minimal 80% dalam bentuk obligasi. Anda akan mendapatkan timbal balik secara rutin dengan risiko yang relatif rendah.

  3. REKSA DANA CAMPURAN
    Reksa dana jenis campuran adalah berinvestasi dalam berbagai portofolio. Biasanya berisi portofolio kombinasi antara saham dan obligasi.

  4. REKSA DANA SAHAM
    Reksa dana saham adalah pengelolaan dana nasabah dengan berinvestasi pada saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) ataupun luar negeri. Manager investasi yang akan bertugas mengelola dana anda ke beberapa saham perusahaan. Jadi anda tidak perlu mengamati secara langsung proses fluktuasi saham.

    Jenis Reksa dana saham diklaim memiliki risiko tertinggi. Oleh karena itu dikenal prinsip high risk high return, yaitu semakin tinggi risiko yang dihadapi dalam berinvestasi maka semakin tinggi pula timbal balik yang didapatkan.

Jenis reksa dana yang terakhir merupakan pilihan bagi sebagian besar kaum milenial. Pasalnya berinvestasi di pasar saham semakin banyak dibicarakan oleh banyak orang dengan embel-embel memperoleh timbal balik yang besar. Padahal reksa dana saham juga memiliki tingkat risiko yang tinggi. bagi anda yang mengetahui ilmu berinvestasi pasti memiliki cara untuk menghindari risiko kerugian.

BACA JUGA : Paruh Kedua Tahun 2021, Inilah Reksa dana Terbaik Hari Ini

Bagi anda yang ingin mencoba berinvestasi di reksa dana saham, berikut adalah daftar reksa dana pasar saham terbaik berdasarkan kinerja Year to Date 30 Juni 2021 dilansir dari bareska.com.
  • Manulife Saham Andalan : 19,15%
  • Manulife Greater Indonesia Fund : 16,00%
  • HPAM Ultima Ekuitas : 1 11,57%
  • Schroder Global Sharia Equity Fund : 9,36%
  • BNP Paribas Cakra Syariah USD : 9,11%
  • Shinhan Equity Growth : 8,29%
  • TRIM Kapital Plus : 7,18%

Memilih reksadana yang bagus untuk berinvestasi tentu harus disesuaikan dengan kemampuan dan toleransi risiko anda. Sebelum membeli produk reksa dana, ada baiknya anda mengetahui tingkat toleransi risiko melalui beberapa aplikasi yang menyediakan layanan tersebut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama