INVESTASI menjadi topik yang sering dibicarakan saat ini. Bahkan bagi orang yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan soal investasi. Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia mulai mengenal reksa dana sebagai media investasi. Hal tersebut dipicu karena sebagian besar anak milenial sudah mengalami melek finansial. Pengetahuan terhadap investasi dan cara berinvestasi terus mengalami peningkatan.

Selama hampir satu tahun lebih pandemi covid-19 melanda Indonesia, kondisi investasi di pasar modal Indonesia mengalami penurunan. Dalam paruh pertama tahun 2021 tercatat IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) berakhir di level 5.985,48. Hal tersebut juga berimbas ke kinerja reksa dana yang tidak menunjukkan kabar baik.

BACA JUGA : 3 Reksadana Saham Terbaik 2021 Yang Terbukti Memberikan Return Positif

Tapi tenang, memasuki paruh kedua tahun 2021 prospek investasi menunjukkan optimisme akan menguat sampai akhir tahun. Faktor pendukungnya yaitu kebijakan PPKM dan program vaksinasi yang terus dilakukan membuat kasus baru dan kematian akibat virus covid-19 mengalami penurunan. Sehingga ekonomi lambat laun kembali pulih.

Bagi anda yang merasa tertarik dan memiliki rencana untuk mulai berinvestasi reksa dana, pastikan untuk memilih jenis yang tepat dan mengetahui risikonya. Anda bisa memilih dari empat jenis reksa dana yang ada yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Anda bisa mulai melihat prospek reksa dana yang anda pilih dengan melihat daftar reksa dana terbaik hari ini.

BACA JUGA : Tips Irit Dimasa Pandemi Covid-19 !!

Berikut adalah daftar lima reksadana yang bagus untuk investasi berdasarkan kinerja Year to End 30 Juni 2021 sesuai jenisnya masing-masing.

  1. REKSA DANA PASAR UANG
    a. Insight Money 2,89%
    b. HPAM Ultima Money market 2,84%
    c. Danamas Rupiah Plus 2,73%
    d. Sucorinvest Money Market Fund 2,69%
    e. Star Money Market 2,62%

  2. REKSA DANA PENDAPATAN TETAP
    a. Syailendra Pendapatan Tetap Premium 4,97%
    b. Sucorinvest Stable Fund 4,87%
    c. Mega Dana Pendapatan Tetap 4,62%
    d. Si Dana Obligasi Maxima 4,38%
    e. Panin Dana Obligasi Bersama Dua 4,26%

  3. REKSA DANA CAMPURAN
    a. Jarvis Balanced Fund 58,55%
    b. Capital Sharia Balanced 40,22%
    c. Syailendrabalance Opportunity Fund 31,01%
    d. Jasa Capital Campuran Dinamis 24,26%
    e. Sucorinvest Sharia Balanced Fund 15,92%

  4. REKSA DANA SAHAM
    a. Reksa Dana Treasure Saham Mantap 72,33%
    b. Pasific Saham Syariah III 46,11%
    c. Pasific Saham Syariah 32,16%
    d. Manulife Institutional Equity Fund 27,11%
    e. Emco Growth Fund 24,99%

Anda bisa memantau kinerja reksa dana dengan melihat daftar reksa dana terbaik hari ini. Karena pilihan untuk berinvestasi adalah pilihan anda sendiri. Jadi tentukan jenis investasi dengan cermat berdasarkan toleransi risiko yang anda miliki.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama