Super Mario adalah karakter fiksi pada permainan video, diciptakan oleh desainer permainan video, Shigeru Miyamoto. Menjadi maskot Nintendo, Mario telah muncul pada lebih dari 200 permainan video sejak pembuatannya.


siapa nama saudara laki laki mario

Mario kini banyak muncul dalam berbagai jenis permainan video, seperti balapan, puzzle, permainan peran, fighting, olahraga, dan lainnya.

Mario digambarkan sebagai tukang ledeng Italia yang pendek dan gemuk di Kerajaan Jamur. Pada serial Mario, ia berkali-kali menghentikan rencana Bowser menculik Princess Peach dan menaklukan Kerajaan Jamur. Ia juga memiliki teman dan musuh lain.

Sebagai maskot Nintendo, Mario adalah salah satu karakter paling terkenal dalam sejarah permainan video, dan Mario menjadi sinonim dengan permainan video. Permainan Mario telah terjual lebih dari 201 juta unit, menjadikan serial Mario sebagai serial permainan video paling banyak terjual.

Kemunculan pertama Mario
Mario diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dalam usahanya untuk membuat permainan video yang laris untuk Nintendo, setelah permainan-permainan sebelumnya, seperti Sheriff, tidak berhasil meraih sukses. 

Awalnya, Miyamoto ingin membuat permainan video dengan menggunakan karakter Popeye, Bluto, dan Olive Oyl. Akan tetapi, dia tidak diijinkan menggunakan karakter-karakter tersebut, sehingga akhirnya dia membuat Jumpman (kemudian dikenal sebagai Mario), Donkey Kong, dan Pauline. 

Misi mario adalah menaklukkan Bowser yang menculik Princess Peach. Bowser juga ingin mengalahkan Mushroom Kingdom.

Mario pertama kali muncul pada tahun 1981 di game arcade berjudul Donkey Kong sebagai Jumpman, dan segera disukai oleh para gamers. Pada tahun 1982, Nintendo meluncurkan game arcade sekuel dari Donkey Kong yang diberi judul Donkey Kong Jr. 

Karakter Jumpman kembali hadir di game tersebut, dan Presiden Nintendo Amerika saat itu, Minoru Arakawa, mengubah namanya menjadi Mario. Nama Mario berasal dari pemilik gudang pertama Nintendo di Amerika Serikat, Mario Segali.

Game Perdana Mario
Mario akhirnya memiliki gamenya sendiri pada 1983, ketika Nintendo meluncurkan game arcade berjudul Mario Bros. Game tersebut juga untuk pertama kalinya menghadirkan saudara laki-laki dari Mario yang bernama Luigi, dengan penampilan khas serba hijau. 

Mario Bros sukses besar di pasaran, dan game Mario segera menjadi identitas Nintendo di kancah video game. Namun, yang paling ikonik adalah ketika Nintendo menghadirkan Super Mario Bros (1985) berupa game petualangan bergaya side scrolling.

Mario dan Luigi bertualang dari kastil ke kastil untuk menyelamatkan Princess Peach yang ditawan King Koopa atau Bowser. Karakter Mario bisa menjadi besar ketika mendapatkan jamur, atau mengeluarkan bola api saat mendapatkan bunga. 

Setelah itu, beberapa judul game Mario yang terkenal lainnya antara lain Super Mario Bros 3 (1988), Super Mario World (1991), Super Mario 64 (1996), Super Mario Sunshine (2002), Super Mario Galaxy (2007), Super Mario 3D World (2013), dan Super Mario Odyssey (2017).

Game Mario terlaris Hingga tahun 2020
Sosok Mario telah muncul di lebih dari 200 game yang terdiri dari berbagai genre. Menurut data yang dihimpun Statista hingga Desember 2020, game Mario terlaris di pasaran adalah Super Mario Bros. 

Game Super Mario Bros dirilis pada tahun 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES) dan diperkirakan terjual hingga 40,24 juta kopi di seluruh dunia. 

Judul-judul utama Mario atau mainline series, mempertahankan ciri khas gameplay platforming (melewati rintangan) dan cerita yang sederhana, serta dapat dimainkan semua kalangan. Selain seri utama, Nintendo juga mengembangkan game Mario ke berbagai seri spin-off. 

Salah satu yang paling sukses di pasaran adalah seri Mario Kart. Game terbaru Mario Kart adalah Mario Kart 8 Deluxe untuk konsol Nintendo Switch yang telah terjual 33,41 juta kopi sejak dirilis pada 2017.

Daftar Game Terlaris Mario Dipasaran
1. Super Mario Bros. (NES): terjual 40,24 juta Copy
2. Mario Kart Wii (Nintendo Wii): terjual 37,38 juta Copy 
3. Mario Kart 8 Deluxe (Nintendo Switch): terjual 33,41 juta Copy
4. New Super Mario Bros. (Nintendo DS): terjual 30,8 juta Copy
5. New Super Mario Bros Wii (Nintendo Wii): 30,32 juta Copy
6. Mario Kart DS (Nintendo DS): terjual 23,6 juta Copy
7. Super Mario World (Super NES): terjual 20,61 juta Copy
8. Super Mario Odyssey (Nintendo Switch): terjual 20,23 juta Copy
9. kopi Mario Kart 7 (Nintendo 3DS): terjual 18,92 juta Copy
10 Super Mario Land (Nintendo Game Boy): terjual 18,14 juta Copy.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama