Ada banyak informasi yang bertebaran di penyesuluran web tentang penurunan berat badan yang belum tentu berhasil dan tidak dapat dipercaya dan tidak didasarkan pada sains aktual apa pun. 

Namun, ada beberapa cara alami yang sebenarnya sudah terbukti berhasil, Berikut 18 cara mudah menurunkan berat badan untuk anda.

Tips Menurunkan Berat Badan Didukung Secara Sains

1. Mengutamakan Protein Dalam Diet
Dalam hal penurunan berat badan, protein adalah raja nutrisi yang paling penting. Tubuh akan membakar kalori dan metabolisme protein saat mencerna yang Anda makan, Diet yang tinggi menyebabkan protein meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari.

Diet dengan protein yang tinggi juga bisa membuat Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang makan lebih dari 400 kalori lebih sedikit perhari dengan diet tinggi protein. Misalnya sarapan dengan telur yang memiliki protein tinggi .

2. Makanan Utuh Dengan Bahan Tunggal
Menjaga tubuh sehat adalah hal yang wajib dilakukan saat diet, dengan menjaga asupan konsumsi sehari-hari. Dengan cara memakan makanan bahan tunggal, Anda dapat menghindari sebagian besar gula tambahan serta lemak tambahan.

adapun makan utuh dengan bahan tunggal yang dimaksud ialah Sayuran Berdaun Hijau termasuk kangkung, bayam dan Sayuran Cruciferous. 

lalu Ikan Salmon juga sangat sehat dan mudah membuat kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Makanan diet sehat ini kaya akan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting. 

Dan masih ada lainnya seperti Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam, Kentang Rebus, alpukat dan kacang kacangan.

3. Makanan Olahan Musuh Alami Diet
Makanan olahan menjadi musuh bagi anda yang sedang diet, karena tidak dapat dipungkiri lagi sebagian besar makanan olahan mengandung gula, garam, minyak, atau lemak yang tinggi.

Makanan olahan ialah yang telah diolah dan dikemas di dalam kaleng atau plastik, dibekukan, dipanggang, atau dikeringkan. Contoh, Sereal, Chicken nugget, sosis, keripik kentang, biskuit dan mi instan.

4. Cemilan Yang Sehat
Bagi anda yang terbiasa dengan cemilan, mungkin tips ini akan membantu anda untuk diet yang baik dan benar. faktanya, banyak juga cemilan sehat dan alami yang mudah disajikan untuk dibawa saat bepergian.

Susu rendah lemak seperti Greek yogurt mengandung tinggi protein dan kalsium namun rendah lemak dan kalori, lalu selanjutnya adalah es krim dengan topping yang tinggi protein.

Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, es krim yang terbuat dari susu tidak akan membuat timbangan berat badan naik signifikan.

5. Batasi Asupan Gula Berlebihan
Beberapa penyakit terkemuka dunia termasuk penyakit jantung, diabetes dan kanker disebabkan gula yang berlebihan

Karena gula memiliki banyak nama dalam daftar bahan, akan sangat sulit untuk mengetahui berapa banyak gula yang sebenarnya terkandung dalam suatu produk. jadi lebih baik anda membaca deskripsi pada sebuah produk untuk Meminimalkan asupan gula berlebih

6. Minum Air
Meminum 0,5 liter air dapat meningkatkan pembakaran pada sebesar 24-30% selama satu jam sesudahnya.

Minum air sebelum makan juga dapat mengurangi asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan lanjut usia, Air sangat baik untuk menurunkan berat badan saat menggantikan minuman lain yang tinggi kalori dan gula.

7. Minum Kopi Tanpa Pemanis
Minum kopi dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat energi dan jumlah kalori yang Anda bakar.

Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme Anda sebesar 3-11% dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23-50%.

Selain itu, kopi hitam sangat ramah terhadap penurunan berat badan, karena dapat membuat Anda merasa kenyang tetapi hampir tidak mengandung kalori.

8. Suplemen Glucomannan
Glucomannan adalah salah satu dari beberapa pil penurun berat badan yang telah terbukti bekerja.
Serat makanan alami yang larut dalam air ini berasal dari akar tanaman konjac (Konnyaku), juga dikenal sebagai ubi gajah.

Glucomannan rendah kalori juga mengurangi penyerapan protein dan lemak. Kemampuannya yang luar biasa untuk menyerap air diyakini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Satu kapsul mampu mengubah seluruh gelas air menjadi gel.

9. Hindari Kalori Cair
Kalori cair berasal dari minuman seperti minuman ringan manis, jus buah, susu cokelat, dan minuman energi.

Minuman ini buruk bagi kesehatan dalam beberapa hal, termasuk peningkatan risiko obesitas. Satu studi menunjukkan peningkatan drastis 60% dalam risiko obesitas di kalangan anak-anak, untuk setiap porsi harian minuman manis.

10. Batasi Asupan Karbohidrat Secara Berlebihan
Karbohidrat olahan adalah karbohidrat yang sebagian besar nutrisi dan seratnya yang bermanfaat sudah dihilangkan. 

Sumber makanan utama karbohidrat olahan adalah tepung putih, roti putih, nasi putih, soda, kue kering, makanan ringan, permen, pasta, sereal sarapan, dan gula tambahan.

11. Minum Teh Hijau Tanpa Pemanis
Teh hijau adalah minuman alami mengandung antioksidan, minuman teh hijau dapat membantu pembakaran lemak dan penurunan berat badan selektif hingga 17%.

12. Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran adalah makanan yang sangat sehat dan ramah untuk penurunan berat badan, Selain tinggi air, nutrisi dan serat, mereka biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah. 

Ini memungkinkan untuk makan dalam porsi besar tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori.
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung memiliki berat badan lebih sedikit.

13. Hitung Kalori Sekali-sekali
Cobalah untuk menghitung kalori anda dengan cara membuat buku harian makanan, Menggunakan aplikasi atau alat elektronik lain yang mendukung diet anda

14. Bumbui Makanan Anda
Cabai atau bisa juga cabai jalapeno mengandung senyawa yang disebut Kapsaisin, yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak, Kapsaisin juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori

15. Probiotik
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kelebihan berat badan dan orang yang memiliki obesitas cenderung memiliki bakteri usus yang berbeda dari orang dengan berat badan normal, yang dapat mempengaruhi berat badan.

Probiotik dapat membantu mengatur bakteri usus yang sehat. Mereka juga dapat memblokir penyerapan lemak makanan, sekaligus mengurangi nafsu makan dan peradangan.

Probiotik diyakini memiliki beragam cara kerja. Salah satunya adalah dengan cara menyeimbangkan jumlah bakteri “baik” dan bakteri “jahat” yang hidup di sistem pencernaan.

16. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup sangat penting untuk menurunkan berat badan, Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur hingga 55% lebih mungkin untuk mengembangkan obesitas, dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur.

Ini dikarenakan kurang tidur mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan, yang menyebabkan regulasi nafsu makan yang buruk

17. Sikat Gigi Setelah Makan
Orang yang menyikat atau membersihkan gigi setelah makan, dapat membantu membatasi keinginan untuk ngemil.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak ingin makan setelah menyikat gigi. disebabkan bisa membuat makanan terasa tidak enak. jika Anda menyikat atau menggunakan obat kumur setelah makan, Anda mungkin tidak tergoda untuk mengambil camilan lagi.

18. Jangan Malas Berolahraga
Melakukan olahraga, baik itu joging, lari, bersepeda, jalan kaki atau hiking adalah cara yang bagus untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik. dan juga untuk menghindari risiko penyakit jantung.

Dengan berolahraga anda tidak akan kehilangan massa otot, sebab kehilangan masa otot tubuh anda kurang maksimal dalam pembakaran kalori.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama