Apa itu spam? Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. 

Umumnya, spam menampilkan berita, dapat berupa teks atau link iklan secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. 

apa itu spam

Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web maupun social media. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.

Asal Usul Kata Spam
Pada saat ini, spam diartikan sebagai “sampah di internet”, atau lebih spesifik lagi, “e-mail sampah”. Sebenarnya, Spam adalah merek daging kalengan, dan Spam merupakan kependekan Spiced Ham. Bagaimana bisa merek daging kalengan menjadi istilah untuk menyebut e-mail sampah di internet?

Kisahnya dimulai pada tahun 1970-an, ketika acara komedi di BBC Monty Phyton’s Flying Circus menampilkan sketsa berjudul Spam. Acara itu menggunakan background kafe, yang menyediakan daging kalengan bermerek SPAM sebagai salah satu menu pilihan. 

Dalam acara itu, ketika si pelayan menyebutkan “Spam” di menu, muncul lagu latar belakang yang diserukan orang-orang Viking, “Spam, Spam, Spam, Spam, lovely Spam! Wonderful Spam!”

Kemudian, pada 1980, istilah Spam digunakan dalam buletin online dan dalam Multi-User Dungeon (MUD), sebuah ruang virtual yang berisi banyak orang—semacam ruang chatting di zaman sekarang. 

Pada masa itu, orang-orang sering mengulang-ulang kata “Spam”, menirukan acara Monty Phyton di atas. Di ruang chatting People Link, atau masa awal Amerika Online, kata “Spam” tersebut sering memenuhi layar.

Dalam perkembangannya kemudian, Spam pernah menjadi “seni ASCII”, yang salah satu bentuknya merupakan gambar yang dibuat dari angka, huruf, serta karakter lain. 

Gambar ASCII itu sering muncul memenuhi layar, dan orang di suatu ruang chatting sering menggunakannya untuk “mengusir” pendatang baru yang tak diinginkan.

Selain itu, gambar ASCII tersebut juga sering digunakan untuk perang di ruang chatting. Di masa itu ada komunitas chatting Star Wars, yang sering menyerang ruang chatting komunitas Star Trek, atau sebaliknya, dengan menggunakan gambar ASCII. 

Serangan semacam itu dianggap sukses jika orang-orang yang diserang pergi dari ruang chatting. Pada masa itu pula, serangan semacam itu dikenal dengan istilah flooding (membanjiri) atau trashing (menyampah).

Pada 1993, sebuah piranti lunak yang ditujukan untuk eksperimen melepaskan lusinan pesan ke dalam newsgroupnews.admin.policy., yang menyebabkan istilah Spam semakin populer. 

Akhirnya, pada 1998, kamus Oxford memasukkan kata Spam ke dalam direktorinya, dengan definisi, “Pesan tanpa arti atau tak pantas yang dikirim di Internet pada sejumlah newsgroup atau pengguna.” 

Setelah kalian mengetahui apa arti spam yang sebenarnya, maka kalian juga perlu mengetahui jenis-jenis spam. Ada banyak sekali jenis-jenis spam yang bisa kalian ketahui, dan berikut ini beberapa jenis-jenis spam yang bisa kalian ketahui:

1. Email
Spam surat elektronik atau spam email adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Apa itu spam di surat elektronik mulai menjadi masalah saat internet dibuka untuk umum pada pertengahan 1990-an.

Munculnya banyak spam yang bukan dari spammers dikarenakan pembuat perangkat perusak, spammers, dan penipu keuangan belajar satu sama lain, sehingga memungkinkan mereka membentuk berbagai jenis kerja sama.

2. Pesan instan
Aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan sebagainya tentu menjadi sebuah aplikasi yang sering kita gunakan. Nyatanya spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan di atas. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.

3. Telepon genggam
Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks atau sms di ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan karena bukan hanya masalah ketidaknyamanan, tetapi juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima. Istilah "kejang" diciptakan di website iklan Adland pada tahun 2000 untuk menggambarkan pesan teks spam.

4. Hal yang Mengakibatkan Spam
Spam mungkin bukan menjadi sebuah hal terjadi begitu saja ya KLovers. Namun, ada hal-hal yang mungkin bisa mengakibatkan spam. Dan berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa mengakibatkan adanya spam dalam perangkat elektronik kalian:

A) Terjadi kebocoran data
Jika kalian pernah memasukkan nomor ponsel dan Email pada suatu aplikasi di internet dan terjadi kebocoran data pada platform tersebut. Maka data kalian bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

B) Nomor dan email ditemukan secara acak
Ya, spammer juga bisa menemukan nomor ponsel dan Email kalian dengan menebak alamat Email secara manual.

C) Sering memasukkan data pribadi di platform online
Tidak semua aplikasi online bisa dipercaya, platform yang tidak bertanggung jawab bisa menjual data kalian kepada spammer.

Dengan mengetahui arti spam ini bisa menjadikan para pembaca lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan social media agar tidak terjerat dalam jebakan yang menyebabkan kebocoran data pribadi ataupun hal lain yang dapat merugikan anda sendiri.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama