Apa itu telegram? Telegram adalah layanan pesan instan berbasis cloud sekaligus dapat menerima dan mengirim panggilan serta menawarkan berbagai fitur lainnya guna menghubungkan pengguna lain yang tak terbatas oleh jarak, ditambah lagi telegram ini sendiri memiliki keunggulan sendiri yaitu bot chat telegram.

apa itu telegram

Telegram dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, video, foto, audio, dokumen dan berbagai berkas penting lainnya. Jika WhatsApp membatasi pengguna dengan batas ukuran file maksimal 100MB, sedangkan untuk Telegram sendiri dapat memberikan batas ukuran file sebesar 1.5GB yang memungkinkan pengguna dapat mengirim dan menerima beragam jenis film.

Pada dasarnya aplikasi ini memang tidak berbeda jauh dengan WhatsApp atau Facebook Messenger. Meski dua aplikasi itu populer, saat ini banyak sekali yang menggunakan Telegram.

Dikutip dari Telegram, aplikasi ini telah mencapai 550 juta pengguna bulanan aktif. Setidaknya, setiap hari ada 1,5 juta pengguna baru yang mendaftarkan diri ke dalam aplikasi Telegram.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita memahami terlebih dahulu siapa pencipta aplikasi telegram tersebut.

Siapa Pencipta Telegram?
Telegram dirilis oleh 2 bersaudara Nikolai dan Pavel Durov pada tahun 2013, sebelumnya mereka telah membuat platform media sosial Rusia yaitunya Vkontakte, yang mereka tinggalkan pada tahun 2014 karena diambil alih oleh sekutu Presiden Putin. 

Nikolai membuat protokol platform digital yang berbasis pada pengiriman pesan, sementara Pavel menyediakan dukungan pendanaan dan infrastruktur dari perusahaannya Digital Fortress.

Telegram menyatakan bahwa tujuan akhir mereka bukanlah untuk profit semata, tetapi juga bukan termasuk organisasi non-profit.

Telegram terdaftar sebagai organisasi bisnis berbentuk LLP di Inggris dan LLC di Amerika, yang artinya mereka tidak mengungkapkan dimana mereka menyewa kantor atau badan hukum mana yang mereka gunakan, dengan alasan kebutuhan untuk melindunggi tim dari permintaan data dari pemerintah.

Pavel Durov mengatakan bahwa kantor pusat mereka berada di Berlin, Jerman, antara tahun 2014 hingga awal tahun 2015, pindah dikarenakan perbedaan yuridiksi izin tinggal untuk setiap orang didalam timnya.

Sesudah Pavel Durov meninggalkan Rusia, dia berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain bersama sekelompok kecil programernya yang terdiri dari 15 anggota inti. 

Berdasarkan informasi media, Telegram mempunyai karyawan di Saint Petersburg, sedangkan tim intinya bermarkas di Dubai per 2017.

Apakah Telegram Aman?
Forbes menuliskan Telegram sama dengan pesaingnya WhatsApp punya risiko keamanan yang serupa. Platform bisa dieksploitasi untuk mengirim pesan, lampiran dan tautan berbahaya.

Jadi para pengguna tetap harus waspada pada tautan dan lampiran yang diterima di dalam Telegram. Meskipun itu dikirimkan dari akun teman,

Namun pihak telegram memiliki fitur-fitur yang bisa jauh membuat anda lebih nyaman

Berikut 5 fitur keamanan Telegram yang wajib Anda ketahui:
1. Fitur Lock Chat
Telegram memiliki fitur Lock Chat yang membuat aplikasi Anda terhindar dari teman yang kepo. Caranya, kamu cukup klik tombol Setting – Privacy and Security – Passcode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID – Selesai!

Pesanmu akan secara otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit atau kamu bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegrammu untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

2. Fitur Secret Chat
Telegram juga memiliki fitur Secret Chat yang memungkinkan Anda mengirimkan pesan rahasia dengan siapapun yang kamu inginkan. Fitur secret chat itu bersifat end-to-end encrypted sehingga tidak ada pihak ketiga, yang bisa melihat pesan kamu.

Caranya, Anda cukup klik kontak orang yang ingin kamu kirim pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon more.

3. Fitur Two-Step Verification
Fitur ini mengharuskan Anda memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram pribadi melalui perangkat yang baru maupun lama. Password ini dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul ketika Anda memasang akun Telegram di perangkat yang baru.

Fitur ini sangat berguna untuk melindungi akun aplikasi kamu dari para pencuri identitas yang mengetahui password dan berusaha untuk meretas akun Telegram mereka.

4. Mendukung server proxy
Fitur ini memungkinkan Anda menyembunyikan IP address dengan cara mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus. Cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menuju Settings – Data and Storage – Proxy Settings.

5. Hapus pesan yang sudah terkirim
Berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya, kamu bisa menghapus pesan yang sudah terkirim kapan pun dan tanpa ada batas waktu.

Jadi, kalau kamu ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, kamu masih bisa melakukannya.

Nah, Setelah anda sudah memahami fitur keamanan untuk telegram, anda mungkin sedikit lega. untuk menambah minat anda untuk berselancar di aplikasi telegram. berikut ini akan ada fitur unggulan yang bisa anda dapatkan.

Fitur-Fitur Unggulan yang ada pada Apk Telegram
1. Mengirim dan Menerima File Berukuran Besar
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ukuran batas telegram hingga 1.5GB hal ini memungkinkan pengguna dapat bertukar video, foto, dokumen hingga menerima file penting lainnya berukuran besar.

Seperti yang kita ketahui bahwa melalui WhatsApp dan Gmail terjadi pembatasan pengiriman dan penerimaan file, melalui Telegram Anda  keleluasaan kepada pengguna lain untuk bertukar file dengan cara praktis dan tentunya gratis.

2. Dapat Membuat Grup Berkapasitas Anggota yang Besar
WhatsApp hanya bisa membuat grup dengan maksimal anggota sebanyak 256 sedangkan Line membatasi penggunanya dengan kapasitas anggota grup sebanyak 500 orang, Telegram dapat menampung hingga 200.000 anggota dalam satu grup yang sama.

3. Mengirim Pesan Tanpa Menyimpan Nomor
Fungsi telegram yang ini sangat memudahkan pengguna untuk mengirim pesan ke kontak baru yang belum tersimpan. Aplikasi telegram bekerja menggunakan basis username (Nama Pengguna), Jadi tanpa harus menyimpan kontak mereka, Anda dapat mengirim mereka pesan.

4. Telegram dapat login di banyak perangkat
WhatsApp hanya dapat login menggunakan dua perangkat saja yaitu smartphone dan pc. Sementara Telegram dapat login ke banyak perangkat menggunakan satu nomor yang sama.

5. Berbagi dan Menerima File Tanpa Takut Kualitas Menurun
Biasanya ketika mengirim foto dan beberapa gambar melalui WhatsApp kualitas akan menurun sehingga membuat foto tampak buram dan pecah. Alasannya ialah aplikasi WhatsApp mengkompresi ukuran file agar lebih ringan dan memudahkan proses pengiriman.

Berbeda dengan aplikasi Telegram melalui aplikasi ini foto atau gambar yang akan dikirim maupun menerimanya dari pengguna lain tidak membuat kualitasnya menurun bahkan buram dan pecah ketika di zoom.

6. Dapat mengubah (edit) pesan yang sudah terkirim
Fitur ini memungkinkan Anda mengedit pesan yang telah terkirim ke pengguna lain agar tak terjadi kesalahpahaman. Pesan yang telah di edit nantinya akan otomatis berubah ketika pengguna lain menerimanya.

Bahkan jika Anda sering melakukan typo atau kesalahan dalam mengetik, melalui Telegram semua dapat diperbaiki tanpa harus menghapusnya. Pengguna dapat mengatasi kesalahan tersebut dengan tombol “Edit”.

7. Telegram Memiliki Ruang penyimpanan tak terbatas
Seperti pembahasan yang telah dijelaskan sebelumnya, Telegram memiliki ruang penyimpanan tak terbatas dalam mengirim dan menerima file berukuran besar. Penyimpanannya berbasis cloud dapat menyimpan berbagai file Anda lebih aman dan rentan hilang.

8. Telegram Dengan Fitur Secret Messages
Fitur ini dinamakan sebagai pesan rahasia dimana pengguna dapat mengirim pesan bersifat konfidensial ke pengguna lainnya tanpa takut diketahui  pihak ketiga.

Fitur pesan rahasia menggunakan sistem enskripsi end-to-end yang membuat pihak ketiga tidak dapat mengetahui isi pesanmu bahkan Telegram pun tidak dapat mengetahuinya. Self-destruct sebagai fitur tambahan dalam pesan rahasia yang dapat menghapus pesan otomatis pada periode waktu tertentu.

9. Telegram Last Seen dari Pengguna Tertentu
Ketika Anda merasa tidak nyaman atau tidak ingin ada orang yang mengetahui kapan terakhir anda online, Anda bisa mengatur fitur ” Last Seen ” sesuai dengan keinginanmu siapa saja yang boleh melihat dan tidak boleh melihatnya. 

Kelebihan dari Aplikasi Telegram dengan aplikasi social lainnya ialah
1. Bebas Iklan
2. Telegram memiliki teknologi berbasis Cloud dan Cache
3. Memiliki fitur channel atau siaran langsung yang memudahkan pebisnis membagikan informasi produk
4. Sistem keamanan sangat baik
5. Dapat menampung lebih banyak Anggota dalam satu grup yang sama
6. Dapat mengedit pesan yang terkirim
7. Membagikan file dengan ukuran asli tanpa mengurangi kualitasnya
8. Lebih banyak Stiker, Gif dan Emoji
9. Beragam fitur tema bisa dipilih sesuka hati
10. Terdapat fitur bot

Fitur Bot Sendiri Pada telegram berfungsi sebagai ?
Bot Telegram chat anonymous merupakan salah satu bot yang populer di aplikasi Telegram. Banyak orang menggunakan bot ini untuk mengusir kebosanan. Pasalnya, aplikasi ini memungkinkan pengguna Telegram untuk berbalas pesan dengan pengguna lain secara acak dan anonim atau tanpa nama.

Tak seperti robot chat yang bisa membalas pesan otomatis, anonymous chat ini menghadirkan fitur yang mempermudah pengguna Telegram untuk saling terhubung. Jadi, saat Anda menggunakan fitur  ini Anda akan mendapatkan balasan pesan dari manusia bukan bot.

Cara Menggunakan Bot Telegram Chat anonymous
Terlepas dari keuntungan yang ditawarkannya, bot Telegram chat anonymous ini juga mudah digunakan. Wajar jika akhirnya banyak orang yang menyukai adanya fitur ini. Lantas, bagaimana cara menggunakan chat anonymous ini? Berikut penjelasannya.

1. Buka aplikasi Telegram. Anda bisa menggunakan aplikasi Telegram web atau Telegram di ponsel.
2. Setelah itu cari bot Telegram chat anonymous pada kolom pencarian. Setelah hasil pencarian muncul, klik bot tersebut.
3. Kemudian, Anda bisa klik start atau mulai untuk menjalankan bot tersebut.
4. Berikutnya, Anda akan langsung terhubung dengan pengguna Telegram lain secara random. Untuk menghentikan perbincangan tersebut, Anda bisa ketik /stop. Sementara itu, jika Anda ingin mengatur kriteria teman
5. Sementara itu, jika Anda ingin mengatur kriteria teman berbincang seperti mengatur sesuai dengan gender, usia, hingga bahasa, maka Anda bisa ketik /settings.
6. Apabila Anda ingin mencari pengguna Telegram lain, silakan ketik /search.
7. Ketik /next untuk berganti teman obrolan.
8. Ketik /stop untuk menghentikan obrolan.
9. Ketik /sharelink untuk mengirim link profil Telegram milik Anda ke lawan bicara.
10. Ketik /help untuk memahami semua perintah dalam bot Telegram chat anonymous.
11. Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan fitur lain yang lebih lengkap, Anda bisa berlangganan dengan ketik /pay.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu Telegram semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama