Kondisi ekonomi yang tidak menentu sebagai akibat dari pandemi Covid-19 ini turut mempengaruhi saham perusahaan. Oleh karenanya baik perusahaan maupun investor sedang berusaha untuk memulihkan perekonomian yang sempat tersendat akibat pandemi ini.
MENGHITUNG SAHAM YANG BAGUS UNTUK INVESTASI
Namun ternyata bermain saham ini tidaklah mulus saja tanpa cela, ada beberapa kerugian yang dialami saat berinvestasi saham pada perusahaan. 


Kerugian ini tidak hanya disebabkan oleh kondisi pandemi saja, tetap juga disebabkan oleh kurangnya analisa fundamental saham.

Hal tersebut terjadi karena investor pemula hanya ikut-ikutan saja tanpa mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan investasi saham. Dalam melakukan investasi saham ke suatu perusahaan, Anda tidak boleh melakukannya dengan asal tanpa adanya perhitungan yag matang. 

Semua hal yang berhubungan dengan saham dapat memberikan keuntungan ataupun kerugian yang besar.

Berbagai saham yang bagus 2021 yang tersedia pun sangat beragam dan berasal dari berbagai sektor seperti pertambangan, keuangan khususnya perbankan, properti, dan juga sektor telekomunikasi. 

Untuk mengetahui apakah harga saham yang ditawarkan oleh sektor-sektor tersebut memiliki harga yang pas atau tidak, perlu diketahui kelayakan harga saham yang bagus untuk dibeli tersebut melalui beberapa cara.

1. Price to Book Value Ratio (PBV)
PBV ini digunakan untuk melihat jumlah banyaknya pemegang saham yang turut membiayai aset bersih perusahaan. 


Perhitungan rasio ini dapat menunjukan keuntungan yang diterima oleh pemegang saham saat perusahaan terjual dan semua hutang telah dilunasi.

Nilai PBV saham yang bagus berada diatas 1, yang mana menunjukan bahwa saham tersebut memiliki harga yang mahal. Rumus yang digunakan adalah
PBV = Harga per Lembar Saham dibagi dengan Nilai Buku per Lembar Saham.

2. Price to Earnings Ratio (PER)
PER digunakan untuk menilai perusahaan dengan mengukur harga saham saat ini dengan pendapatan per sahamnya. 

Perhitungan ini dilakukan oleh investor atau analis sebagai penentu nilai relatif saham perusahaan. Nilai PER saham yang bagus akan bernilai tinggi dan menunjukkan ketersediaan pasar untuk membayar lebih laba perusahaan, rumus yang digunakan adalah: 
PER = Harga Saham dibagi dengan Laba per Saham

3. Price Earning Growth Ratio (PEG Ratio) 
Sedangkan perhitungan PEG Ratio dilakukan untuk menghitung nilai saham yang didasarkan pada pendapatan saat ini serta potensi pertumbuhannya di masa depan. 

Dengan kata lain, investor melakukan perhitungan ini untuk melihat saham yang akan dibelinya berada di bawah atau di atas harga. Rumus yang digunakan untuk melakukan perhitungan PEG Ratio adalah: 
PEG Ratio = PER dibagi dengan Pertumbuhan Laba dalam Satu Tahun (EPS)


Nah itulah cara menghitung harga saham untuk menentukan saham yang bagus 2021, sehingga Anda tidak mengalami kerugian saat akan berinvestasi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama