Saat ini dunia saham adalah dunia yang diminati oleh banyak orang. Apalagi saham sendiri adalah salah satu hal yang akan sangat menguntungkan.
Bagi Anda yang sudah terjun dalam investasi saham, pasti sudah tidak bingung tentang apa saja saham yang cukup berpotensi bahkan investasi saham terbaik saat ini.

BACA JUGA : Ini Dia Alasan Anda harus Melakukan Investasi Melalui Situs Investasi Saham Terpercaya

POTENSI MENGUNTUNGKAN DENGAN BERMAIN SAHAM
Saham memang merupakan salah satu alternatif investasi yang cukup menguntungkan untuk dijalankan saat ini. 

Namun, saham bisa menjadi salah satu hal yang merugikan apabila Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik. Bermain saham sendiri berarti Anda menjadi salah satu pemilik emiten atau seorang penerbit saham.

Adanya porsi kepemilikan pada saham yang sudah Anda beli, memberikan arti jika Anda memiliki hak sekian persen dari pembelian saham pada nilai perusahaan. 

Pembelian saham yang akan dilakukan nantinya berdasarkan kemampuan keuangan yang Anda miliki. Biasanya, perusahaan akan menjual beberapa persen untuk Anda beli.

PENTINGNYA BELAJAR SAHAM SEBELUM MEMULAINYA
Sebelum Anda memutuskan untuk mengetahui di mana tempat investasi saham terbaik, maka pahamilah terlebih dahulu beberapa informasi yang harus dipahami ketika Anda akan memulainya sebagai berikut ini:

1. Mengenal Jenis Saham
Pertama, pastinya kenalilah jenis saham yang akan dipilih. Ketika Anda paham jenis saham yang akan dipilih, maka Anda bisa menghasilkan return yang akan sesuai dengan tujuan awal dari investasi yang akan dilakukan. Sebelum menentukan saham perusahaan yang bagus, pahamilah beberapa jenis saham yang berbeda-beda di bawah ini:
  • Jenis saham berdasarkan kepemilikan. Ada saham biasa, saham preferen.
  • Jenis saham berdasarkan kapitalisasi pasar. Ada saham papan atas, saham lapis dua, saham lapis tiga.
  • Jenis saham berdasarkan cara peralihannya. Ada bearer stocks, registered stocks.
  • Jenis saham berdasarkan perdagangan. Ada blue chips stocks, income stocks, speculative stocks, counter cyclical stocks.
2. Mengenal Tingkat Pengembalian dan Risiko
Return di dalam saham ini terdapat 2 jenis. Di mana untuk pengembalian atau return saham ini ada capital gain dan juga dividen. Sedangkan untuk risiko dalam saham sendiri ada capital loss dan juga likuidasi.

BACA JUGA : Rekomendasi 3 Reksadana Pasar Saham Terbaik yang Berpotensi di 2021   

3. Mengenal Cara Mengakali Risiko
Untuk mengakali sejumlah risiko pada saham sendiri, ada 4 cara. Seperti diversifikasi, mengetahui bahwa saham adalah investasi jangka panjang. 

Anda juga harus menggali sejumlah informasi tentang saham, berlatih keterampilan dan intuisi. Kemudian Anda juga harus melakukan analisis fundamental pada perusahaan yang sahamnya Anda beli.

4. Memulai dengan Modal Minim
Pastikan saat memutuskan untuk bermain saham, gunakanlah modal seminim mungkin. Hal ini dilakukan agar ketika percobaan pembelian pertama saham Anda rugi, maka tidak akan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

5. Mengamati Situasi Ekonomi dan Politik Saat Ini
Karena saat ini adalah masa pandemic, sehingga ketika Anda memutuskan untuk membeli saham, pastikan untuk memahami investasi terbaik di masa pandemic. 

Sering-seringlah untuk melihat dan mengikuti sejumlah berita ekonomi, bisnis sekaligus politik. Sebab biasanya akan berpengaruh terhadap saham saat ini.

6. Menentukan Jenis Saham yang Populer
Kemudian, Anda juga harus menentukan jenis saham yang cukup popular bahkan jenis saham yang disukai oleh sejumlah investor. 


Sehingga Anda bisa paham saham-saham yang bagus untuk dipilih. Biasanya saham yang popular, memiliki tingkat kenaikan penjualan dengan tinggi bahkan return yang akan Anda dapatkan pun bisa cukup tinggi.

7. Memilih Saham yang Rasio PEnya Rendah
Kemudian Anda wajib untuk memilih saham yang rasio PE nya rendah. PE sendiri adalah sebuah istilah untuk harga per lembar saham yang dibagikan ke pemasukan bersih untuk per lembar sahamnya.

INILAH BEBERAPA JENIS SAHAM YANG TERBAIK UNTUK DIPILIH
Setelah mengenali sejumlah informasi terkait saham, mulai dari jenisnya, istilahnya dan lainnya, maka Anda bisa belajar tentang pilihan investasi saham terbaik saat ini. 

Nah, untuk beberapa pilihan saham yang bisa Anda tentukan bahkan yang menguntungkan saat ini adalah:

1. BBCA
BBCA sendiri adalah jenis saham yang dikeluarkan oleh Bank BCA. Bahkan BBCA sendiri menjadi salah satu pemegang kapitalisasi saham yang terbesar di BEI. 

Saham ini adalah saham yang cocok untuk Anda semua yang akan melakukan investasi dana dengan adanya peluang keuntungan dalam jumlah yang besar. 

Bahkan untuk keamanannya pun bisa dibilang keamanan tingkat tinggi sehingga aman juga digunakan untuk pemula.

2. BBRI
BBRI adalah saham yang cocok untuk pemula. Selain itu, jenis saham ini adalah saham yang bisa menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang banyak. 

Untuk nilai jual yang diberikan dari BBRI ini sendiri juga dibilang cukup stabil. Bahkan untuk membeli saham ditempat ini juga cukup aman dengan banyak keuntungan yang akan didapatkan.

3. GIAA
Jenis saham berikutnya yang bisa Anda pilih adalah saham dari PT. Garuda Indonesia Persero Tbk. Saham ini adalah saham yang sangat menguntungkan. 

Bahkan merupakan salah satu jenis saham yang konsistensi keuntungannya dari waktu ke waktu cukup signifikan. Bahkan jenis saham ini adalah saham yang sangat aman dipilih oleh pemula.

4. PGAS
Jenis saham kecil yang bagus lainnya yang mungkin bisa Anda pilih adalah PGAS. Jenis saham ini dikeluarkan oleh PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. 

Jenis saham ini juga merupakan salah satu jenis saham yang prospeknya cukup potensial. Bahkan harga yang diberikan oleh perusahaan ini cukup terjangkau bagi masyarakat luas dan pemula yang akan bermain saham.

5. ASII
PT. Astra International Tbk menjadi salah satu pilihan saham untuk sejumlah pemula. Untuk keuntungannya sendiri, jenis saham ini cukup menguntungkan dan memiliki perkembangan yang cukup tinggi. Jenis saham ini sendiri adalah saham manufaktur.

Itulah sebagian informasi terkait investasi saham terbaik saat ini. Dari beberapa rekomendasi akan saham di atas, Anda bisa menentukan salah satu jenis saham yang paling Anda kuasai. Selain bermain saham, ada solusi lain yang bisa dilakukan untuk berinvestasi. 


Selain memilih saham, Anda juga bisa memilih salah satu reksadana pasar saham tebaik di Indonesia untuk mendapat banyak keuntungan dalam jumlah yang tinggi.

Ada 5 pilihan pasar uang yang bagus untuk Anda pilih dan diantaranya adalah Mega Dana Kas Syariah, DPLK BRI, GAP Money Market Fund, PNM Pasar Uang Syariah, dan PNM Faaza.

Pastikan untuk menentukan saham yang benar-benar Anda kuasai dan disertai dengan modal yang sudah Anda miliki sebelumnya. 

Bahkan gunakanlah situs investasi saham terpercaya untuk menghindari dari tindak penipuan dan kejahatan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama