Sering dikaitkan dengan orang yang memiliki banyak uang, investasi terbaik untuk pemula di tahun 2021 kali ini ternyata memiliki beragam pilihan yang bisa dipilih kalangan masyarakat untuk mendatangkan keuntungan di masa depan.
Meski telah banyak orang yang berinvestasi, tak sedikit juga orang yang ternyata enggan berinvestasi karena alasan tidak aman dalam menyimpan uang. Hal ini tentu saja karena kurang pahamnya seseorang akan konsep investasi itu sendiri, bukan?

Oleh karena itu, di pembahasan kali ini akan diulas lebih detail terkait definisi, jenis, manfaat, tips memilih dan juga rekomendasi beberapa pilihan investasi terbaik untuk masa depan yang bisa dipilih kalangan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA : 6 Saham Properti Terbaik 2021 yang Dapat Dibeli di Broker Saham  

DEFINISI TENTANG INVESTASI
Umumnya, investasi sendiri merupakan suatu cara atau upaya yang dilakukan seseorang untuk menanam modal demi memperoleh keuntungan di masa depan. Dalam melakukan investasi ini, modal yang dikeluarkan bisa berupa uang atau sumber daya yang lain.

Jika melihat dari segi finansial, investasi juga sering dikatakan sebagai suatu cara yang dilakukan saat seseorang menyimpan uang dalam aset keuangan, seperti saham terbaik untuk investasi / obligasi agar nantinya mereka memperoleh lebih banyak uang di kemudian hari.

MACAM  - MACAM INVESTASI
Perlu Anda ketahui bahwa investasi sendiri dikelompokkan menjadi dua jenis berdasarkan jangka waktunya. Adapun untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak macam – macam investasi di bawah ini.

1. Investasi Jangka Pendek
Ketika memilih investasi jangka pendek terbaik, maka Anda sebagai investor nantinya akan memperoleh keuntungan dalam kurun waktu yang relatif lebih cepat yakni sekitar satu tahun hingga tiga tahun. Meski demikian, jika melihat return yang diperoleh dari investasi jenis ini terbilang lebih kecil.

BACA JUGA : Saham Blue Chip yang Bagus di Tahun 2021  

2. Investasi Jangka Panjang
Untuk jenis investasi jangka panjang terbaik ini, Anda yang ingin menikmati hasil dari investasi yang dilakukan perlu menunggu waktu yang lebih lama yakni sekitar tiga tahun, lima tahun atau bahkan puluhan tahun. Namun keuntungan memilih jenis investasi ini, Anda akan memperoleh return yang lebih tinggi.

APA SAJA MANFAAT MELAKUKAN INVESTASI SEJAK DINI?
Setelah mengetahui mengenai definisi dan macam – macam investasi di atas, kurang lengkap jika Anda tidak mengetahui mengenai apa manfaat yang diperoleh dari menanamkan modal investasi sejak dini. Beberapa manfaat melakukan investasi bagi seseorang yakni sebagai berikut :

1. Dapat Memperoleh Kebebasan Finansial
Memilih investasi terbaik saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, umumnya dapat membantu seseorang dalam memperoleh kebebasan finansial dari segi passive income untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup sehari - hari. Dengan begitu, maka seseorang tidak perlu lagi bergantung pada pekerjaan untuk memperoleh pendapatan.

2. Mampu Meningkatkan Nilai Kekayaan dan Aset
Tahukah Anda bahwa suku bunga yang ditawarkan oleh investasi ternyata dapat meningkatkan nilai kekayaan dan aset yang dimiliki saat ini. Terlebih lagi jika Anda memilih jenis investasi jangka panjang, maka bisa merasakan keuntungan investasi yang berlipat ganda di masa depan.

3. Kondisi Keuangan Akan Terlindungi Dari Inflasi
Untuk menghindari kerugian dari adanya inflasi keuangan, maka memilih investasi terbaik saat resesi menjadi pilihan terbaik untuk Anda pilih. Dalam hal ini, Anda akan memperoleh keuntungan berupa return dengan jumlah tertentu yang ditetapkan oleh pihak pengelola investasi.

4. Bisa Memenuhi Kebutuhan Tertentu Dimasa Depan
Manfaat penting bagi seseorang yang melakukan investasi sejak dini yakni dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tertentu di masa depan. Seperti misalnya untuk membeli kendaraan baru, rumah pribadi dan lain – lain yang diimpikan sejak lama.

BACA JUGA : Inilah 5 Jenis Investasi Jangka Pendek Terbaik Paling Menguntungkan Bagi Pemula

TIPS MEMILIH INVESTASI TERBAIK UNTUK PEMULA
Di Indonesia sendiri umumnya terdapat beragam pilihan investasi yang bisa dipilih oleh seseorang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya masing – masing. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa dalam memilih investasi terbaik bagi seorang pemula harus memperhatikan beberapa tips seperti berikut ini.

1. Pertimbangkan Tujuan Melakukan Investasi
Sebelum memutuskan untuk memilih investasi terbaik di Indonesia, pastikan bahwa Anda telah mempertimbangkan dengan baik mengenai tujuan berinvestasi Anda di awal. 

Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda nantinya lebih mudah untuk menentukan langkah investasi selanjutnya.

2. Pilih Jenis Investasi Sesuai Dengan Jangka Waktunya
Seperti yang telah dijelaskan di atas, investasi sendiri umumnya dibedakan menjadi dua jenis yakni investasi dalam jangka pendek dan jangka panjang. 

Dalam hal ini, Anda sebaiknya perhatikan dan pelajari dengan seksama mana yang sesuai dengan tujuan yang telah Anda buat ketika memilih untuk berinvestasi.

3. Usahakan Untuk Selalu Memperhatikan Risikonya
Dari sekian banyaknya pilihan investasi baik berupa uang, emas, saham, maupun investasi ternak online terpercaya, Anda juga perlu memperhatikan mengenai risiko yang akan dialami ke depannya. 

Agar risiko yang dialami tidak terlalu besar, maka Anda perlu untuk mempelajari produk asuransi tersebut dan berkonsultasi pada ahlinya.

PILIHAN INVESTASI TERBAIK YANG COCOK UNTUK PEMULA DI TAHUN 2021
Di bawah ini ada beberapa pilihan investasi terbaik di tahun 2021 yang bisa dipilih bagi Anda yang tergolong masih pemula dalam hal berinvestasi untuk masa depan.

1. Deposito
Salah satu investasi yang bagus saat ini adalah deposito yang memberikan keuntungan bagi para investor dalam jangka waktu tertentu. Yakni mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan sampai dengan 24 bulan. Adapun investasi deposito sendiri terbilang cukup populer dan banyak dipilih lantaran dikatakan sebagai jenis investasi aman dan minim resiko.

2. Emas
Dari banyak investasi yang hadir di Indonesia, siapa sangka jika emas masih menjadi salah satu investasi yang diminati lantaran memang harganya yang cenderung naik, meskipun mengalami fluktuatif. Adapun keuntungan dari memilih investasi emas yakni memiliki likuiditas yang tinggi. Sehingga, Anda bisa mencairkan investasi ini dengan cepat kapan saja apabila sedang membutuhkan dana yang mendesak.

3. Reksadana
Pilihan investasi terbaik di tahun 2021 selanjutnya yakni ada Reksadana yang dikatakan sebagai salah satu investasi dengan modal rendah dan bisa memperoleh keuntungan yang menjanjikan. adapun Reksadana ini dikatakan sebagai pilihan investasi online terbaik di dunia lantaran lebih mudah dalam hal pengelolaannya.

BACA JUGA : TOP 3 Reksadana Saham Terbaik 2021 Yang Terbukti Memberikan Return Positif

4. Saham
Siapa sangka jika saham ternyata juga menjadi pilihan investasi terbaik lantaran memberikan keuntungan yang cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang terkaya di dunia yang bisa hidup mewah dari peroleh keuntungan karena melakukan investasi saham. Meski begitu, ada baiknya bagi Anda yang ingin memulai investasi ini harus mempelajarinya dengan benar dan tepat agar mampu meminimalisir resiko kerugian besar di masa depan.

5. Investasi Properti
Hadirnya investasi properti online terpercaya yang kini hadir di Indonesia juga bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi pemula. Keuntungan yang diperoleh dari investasi properti ini yakni memiliki angka risiko yang kecil dan mampu membantu kebutuhan masyarakat akan hunian secara stabil.

Itulah beberapa rekomendasi pilihan investasi terbaik untuk pemula di tahun 2021 dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan di masa depan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama