Banyak dari Anda yang masih kebingungan, tentang cara melakukan investasi saham secara baik, dan cara memilih saham syariah yang bagus. 
Saham Syariah khusus untuk pemula
Apabila ini yang sedang Anda rasakan, maka ulasan kali ini tepat untuk Anda baca, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari terlebih dahulu, sebelum Anda mencari investasi yang bagus, yaitu :

1. SEDIAKAN WAKTU UNTUK BELAJAR
Jadi sebelum Anda terjun ke dalam investasi saham syariah, ada baiknya jika meluangkan waktu untuk mempelajari bisnis tersebut. Sebaiknya pelajari tentang seluk beluk saham syariah, dasar investasi saham, aneka istilah tentang saham, dan yang lainnya.

BACA JUGA : Kenali Apa Saja Saham Terbaik Untuk Jangka Panjang

Ini adalah dasar, untuk mempelajari aneka macam hal yang berkaitan dengan saham syariah itu sendiri. Setidaknya dengan mempelajari hal-hal tersebut, Anda jadi lebih mengerti dasar tentang investasi saham.

2. BUKA DES
Mengingat kali ini, Anda ingin melakukan investasi di saham syariah, sebaiknya cari daftar saham syariah di Daftar Efek Syariah atau yang disingkat jadi DES. Disini Anda dapat mencari tahu tentang jenis saham syariah yang bagus dan dapat dipilih.

DES sendiri disusun oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan dan bekerja sama dengan pihak MUI. Yang perlu diketahui disini, daftar yang ada tersebut, bisa berubah sewaktu-waktu, jadi Anda sebaiknya mencari tahu dan mempelajarinya secara rutin.

3. LAKUKAN DENGAN MODAL KECIL
Untuk mencegah kerugian yang besar, tidak ada salahnya jika Anda belajar atau melakukan investasi pada saham syariah tertentu, dengan modal kecil. 

Biasanya modal awalnya sekitar 1 jutaan rupiah, tapi jika Anda mempunyai budget yang cukup terbatas, tidak ada salahnya jika melakukan investasi saham syariah tersebut di Reksadana. 

Adapun jenis reksadana yang bagus untuk investasi, sendiri terbilang cukup banyak, termasuk salah satunya saham.

Dalam hal ini, Anda dapat mempelajari tentang harga per lembar yang ada di masing-masing emiten. Pastinya masing-masing perusahaan, mempunyai harga saham per lembar yang berbeda-beda, pilih dan sesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

4. LAKUKAN ANALISA SEBELUM MELAKUKAN INVESTASI
Setelah melakukan serangkaian survei tentang daftar perusahaan atau saham syariah yang ada. Berikutnya Anda perlu mencari tahu tentang kisaran harga saham per lembarnya. 

Jangan lupa cek juga berapa budget yang Anda miliki. Baru kemudian pelajari saham-saham syariah yang ada, termasuk jenis saham blue chip, perusahaan dengan pengembalian keuntungan yang baik dan hal lainnya.

BACA JUGA : 5 Macam Rekomendasi Investasi Properti Online Terpercaya

Adapun hal-hal tersebut, dapat Anda temukan dengan melakukan serangkaian analisis, baik secara fundamental, seperti berita, data keuangan dan yang lainnya. Atau berdasarkan teknikal, seperti pola pergerakan grafik, tren dan yang lainnya.     

5. LAKUKAN REVIEW SECARA BERKALA
Jangan lupa, ketika Anda sudah melakukan investasi, lakukan review akan kinerja perusahaan tersebut. Adapun kurun waktu untuk melakukan review adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan demikian seterusnya. Hal seperti ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian dalam melakukan investasi.

Jadi dari ulasan di atas, Anda yang saat ini masih pemula dan belum mengetahui tentang saham syariah dan bagaimana mencari saham syariah yang bagus, tidak akan kebingungan. Ikuti panduan di atas, dan Anda akan menemukan jenis saham syariah yang tepat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama