Walau investasi saham syariah,belum sebanyak saham konvensional, tapi tetap saja Anda harus jeli dan bijak dalam memilih jenis saham yang tepat. 
Bagi Anda yang saat ini sedang mencari investasi saham syariah terbaik, maka berikut yang harus diperhatikan:

SELALU UPDATE DAFTAR EFEK SYARIAH / DES
Seperti namanya Daftar Efek Syariah / DES, tidak lain adalah daftar emiten yang sudah disahkan oleh OJK, dengan Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia atau disingkat jadi DSN-MUI.


Artinya, Anda dapat dengan mudah mencari investasi saham syariah terbaik. Selain itu, Anda juga jadi semakin yakin bahwa perusahaan tersebut, selain mampu memberikan menguntungkan dan pastinya sudah syariah, karena sudah disahkan oleh pihak MUI.

Dalam hal ini ada beberapa hal yang membuat saham emiten tersebut, bisa masuk ke dalam jenis saham syariah, yaitu :
  • Total utang dengan bunga, dibanding ekuitas, maksimalnya hanya sekitar 82%.
  • Tentang rasio utang dibanding total aset, maksimalnya sekitar 45%.
Untuk saham syariah, saat ini sudah mempunyai wadah atau indexnya sendiri, yang bernama Indeks Saham Syariah Indonesia, atau yang disingkat jadi ISSI. Selain itu ada juga Jakarta Islamic Index / JII, dan juga Jakarta Islamic Index 70 atau JII70.

TENTUKAN TUJUAN INVESTASI
Sebelum Anda mulai memilih saham syariah yang tepat, sebaiknya perhatikan lagi, tujuan Anda dalam melakukan investasi di saham syariah tersebut. 

Pastikan tujuan Anda memang ingin melakukan investasi dalam jangka panjang, karena sifatnya yang kurang lebih sama dengan saham konvensional, dan juga terbilang fluktuatif.

MENGENAL LEBIH DALAM KINERJA PERUSAHAAN YANG AKAN DIPILIH
Yang jarang orang sadari adalah, ketika seseorang mempunyai saham di perusahaan tersebut. Secara tidak langsung, dirinya jadi salah satu pemilik dari perusahaan tersebut. 

Yang artinya naik atau turunnya perusahan tersebut, akan cukup mempengaruhi keuntungan dan kerugian yang akan didapat.

Artinya ketika Anda ingin melakukan investasi di saham syariah tersebut, sebaiknya kenali dan pelajari perusahaan yang mengeluarkan saham syariah tersebut. 

Bagaimana potensi timbal balik yang diberikan oleh perusahan tersebut kelak. Bahkan tidak ada salahnya jika Anda juga mempelajari riwayat harga saham dan kinerja keuangan di perusahaan tersebut.

PILIH DAN SESUAIKAN DENGAN MODAL YANG DIMILIKI
Satu hal yang sebaiknya jangan Anda lupakan, ketika akan memulai investasi adalah pelajari berapa nilai harga saham per lembar yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut, dan berapa total modal yang Anda miliki.

Apabila Anda kebingungan dalam masalah modal, tidak ada salahnya jika ikut investasi di Reksadana saham. Di dalamnya ada cukup banyak jenis reksadana yang bagus untuk investasi, pastinya dengan modal yang dapat disesuaikan.

CARI TAHU ANEKA SAHAM SYARIAH YANG POTENSIAL
Jangan lupa, Anda sebaiknya mencari dan mempelajari tentang berbagai macam saham unggulan atau blue chips, dari berbagai emiten yang mempunyai kinerja baik.

BACA JUGA : Saham Blue Chip yang Bagus di Tahun 2021

Tentunya dari ulasan di atas, sedikit banyak Anda jadi mempunyai gambaran, tentang bagaimana cara memilih dan mencari tahu investasi saham syariah terbaik, dan sesuai keinginan Anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama