Banyak orang-orang yang sudah mulai menyadari pentingnya melakukan investasi karena investasi sendiri memiliki banyak manfaat salah satunya memperoleh kebebasan finansial jika dilakukan dengan benar.
Investasi memiliki berbagai macam pilihan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah pilihan investasi yang bagus saat ini dan cocok untuk pemula.

REKSADANA
Instrumen investasi ini merupakan salah satu jenis investasi terbaik untuk pemula karena menawarkan modal yang cukup kecil mulai dari Rp 100.000, bahkan ada sekuritas yang menawarkan modal awal sebesar Rp 50.000.

BACA JUGA : Daftar Reksa Dana Pasar Saham Terbaik, Bertahan dalam Guncangan Pandemi

Reksadana juga memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh lapisan masyarakat yang berminat untuk investasi sehingga menjadikannya sebagai salah satu instrumen investasi yang bagus dan aman.

Di samping itu, investasi ini memiliki manajer investasi yang sangat ahli dan profesional sehingga mampu mengelola investasi reksadana dengan sebaik mungkin.

EMAS
Emas menjadi salah satu pilihan investasi yang sudah ada sejak lama, terutama emas batangan. Investasi emas ini juga merupakan investasi yang bagus untuk pemula karena skemanya yang mudah dipahami dan juga lebih aman.

Selain itu, memilih emas sebagai instrumen investasi juga merupakan salah satu hal yang tepat dilakukan pemula karena resikonya kecil dan investasi ini tidak rawan tergerus inflasi seperti mata uang kertas.

Apabila mengalami penurunan, nantinya harga emas akan cepat kembali naik sehingga investasi ini menjadi salah satu pilihan investasi yang bagus untuk pemula.

SAHAM
Pilihan investasi selanjutnya adalah saham yang merupakan jenis investasi yang cukup banyak menarik perhatian. Investasi ini menjadi bagian dari investasi yang bagus saat ini karena memiliki return yang cukup tinggi dibanding instrumen investasi lainnya.

BACA JUGA : 5 Jenis Sektor Saham Terbaik untuk Investasi

Namun perlu diingat bahwa investasi saham juga memiliki risiko yang tinggi karena prinsip dari investasi ini adalah high risk high return. Sehingga untuk pemula, baiknya untuk banyak belajar dan memilih broker yang sudah terpercaya agar bisa berinvestasi dengan aman.

DEPOSITO
Investasi ini menjadi pilihan investasi yang bagus dan aman untuk pemula karena prinsipnya yang seperti tabungan hanya saja memiliki perbedaan pada jangka waktu dan suku bunganya. 

Suku bunga dari deposito ini memang lebih tinggi dari tabungan tapi investasinya cukup stabil sehingga aman untuk pemula.


Investasi dengan deposito ini juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga resikonya cukup kecil dengan catatan nilai investasinya kurang dari Rp 2 Miliar. 

Untuk sistem deposito, pengambilan dana hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah disepakati dan apabila terlewat maka akan dikenakan denda.

Itulah beberapa pilihan investasi yang bagus saat ini dan cocok untuk pemula. Sebelum benar-benar memulai investasi, pastikan terlebih dahulu bahwa niatnya untuk mengelola keuangan agar menjadi lebih baik bukan hanya semata untuk mengikuti tren.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama