Bagi investor jangka panjang, reksadana saham menjadi pilihan terbaik dalam periode saat ini untuk menghasilkan profit. Perlu beberapa kiat berikut dalam memilih reksadana saham yang bagus dan mendatangkan keuntungan lebih bagi investor.
PASTIKAN SESUAI TUJUAN INVESTASI
Sekedar informasi bagi yang belum mengetahui perbedaan reksadana saham dan saham dalam hal investasi. 


Investasi saham akan dikelola langsung oleh para investor untuk mendapatkan keuntungan, sementara reksadana saham dikelola oleh perusahaan manajemen investasi. 

Selain itu investasi saham membutuhkan modal besar untuk memulai, lain halnya dengan reksadana saham yang membutuhkan modal puluhan ribu rupiah saja.

Kembali pada cara memilih reksadana yang bagus untuk investasi. Anda harus menyesuaikan dengan tujuan investasi. 

Keuntungan dari reksadana saham dapat dirasakan dalam jangka waktu 10 tahun mendatang atau lebih. Jadi cocok bagi Anda yang ingin mempersiapkan dana untuk masa tua nanti.

PILIH PERUSAHAAN INVESTASI TERPERCAYA
Manajer Investasi merupakan peran yang penting dalam mengelola dana investasi reksadana. Anda harus mencari tahu mengenai rekam jejak Manajer Investasi agar lebih meningkatkan kepercayaan dalam mengelola dana investor. 

Informasi mengenai legalitas Manajer Investasi telah disediakan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan guna meminimalisir risiko.

Selain itu Anda juga dapat memeriksa rekam jejak Manajer Investasi dari situs perusahaan mereka dan artikel berita keuangan. 

Pastikan pula Anda mengetahui perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Manajer Investasi agar lebih mudah dalam penanganan ketika terjadi kendala.

PAHAMI STRATEGI PENGELOLAAN
Cara pilih reksadana saham yang bagus selanjutnya adalah dengan memahami strategi pengelolaan yang dilakukan. Ada berbagai tema investasi yang digunakan untuk strategi pengelolaan. 

Misalnya dengan kapitalisasi pasar, konvensional, syariah, ES dan lainnya. Mereka juga melakukan pengelolaan dengan berdasarkan sektor tertentu seperti infrastruktur, teknologi dan lainnya. 

Pastikan Anda memperoleh informasi yang lengkap mengenai strategi pengelolaan agar bisa memilih strategi sesuai tujuan investasi.
 
PERHATIKAN KONSISTENSI KINERJA REKSADANA PADA PERIODE MENENGAH PANJANG
Cara memilih reksadana saham lainnya adalah dengan memperhatikan konsistensi dan peringkat kinerja reksadana. Ada beberapa perusahaan yang mengadakan pemeringkat reksadana, baik perusahaan domestik maupun global. 


Mereka dapat memberikan rating bintang dari 1 sampai 5 untuk produk berusia minimal 3 tahun dengan proses perhitungan Morningstar Risk Adjusted Return. Perhitungan yang melibatkan kinerja bulanan produk dan konsistensi kinerja produk.

Kenapa Anda harus ikut investasi reksadana? Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat dapat dijadikan peluang investasi reksadana saham oleh beberapa kalangan masyarakat. 

Namun semuanya harus dipelajari dengan cermat agar memperoleh keuntungan lebih besar dan menjanjikan untuk masa depan.

Oleh karena itu Anda harus tahu cara memilih reksadana saham yang bagus agar mendapatkan hasil yang menjanjikan di masa yang akan datang. 

Setidaknya Anda sudah memiliki jaminan hari tua dengan melakukan investasi reksadana saham yang dapat dimulai dengan modal terjangkau.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama