Pilihan saham saham yang bagus tentu ada banyak. Saking banyaknya, Anda harus lebih selektif memilih. Hal ini terutama lebih penting jika Anda aktif di range harga saham yang murah. Membedakan yang terbaik untuk kelas saham murah bisa lebih sulit.
memilih saham yang murah tapi bagus dan menguntungkan
Saham murah atau yang lebih dikenal penny stock sangat populer di Indonesia. Karena platform trading Indonesia banyak yang tawarkan deposit rendah(dibawah 500 ribu Rupiah). 


Tidak aneh saham murah lebih laku. Jika Anda ingin ingin memilih penny stock yang bagus, ikuti saja cara-cara berikut ini:

MEMILIH SAHAM YANG MASUK STANDAR OTCQX
Untuk memilih saham murah yang bagus Anda harus cek apakah saham tersebut masuk standard OTCQX. Standar ini mengharuskan perusahaan yang ingin listing saham memenuhi standard yang tinggi. 

Jadi tidak ada saham abal-abal bisa menjual saham mereka dengan bebas. Aturan OTCQX menggunakan standard Amerika dan mengikat secara hukum, jasi pasti lebih aman investasi di penny stock yang sudah terstandar ini.

LIHAT RASIO LIKUIDITAS PERUSAHAANNYA
Pilihan saham saham yang bagus bisa dilihat juga dari ukuran Rasio Likuiditas. Ukuran ini melihat apakah perusahaan memiliki kemampuan mengatasi kebutuhan jangka pendek. 

Mulai dari biaya operasi, cash flow dan quick ratio menjadi faktor pengukuran ini. Jika ukuran Rasio Likuiditas kecil (dibawah 0,5) ini tandanya perusahaan tidak stagnant dan memiliki kemampuan berkembang baik.

HITUNG LEVERAGE RATIO PERUSAHAAN TERSEBUT
Leverage Ratio adalah ukuran kemampuan perusahaan untuk beroperasi jangka panjang. Umumnya hal ini dilihat dari kemampuan perusahaan melunasi hutang dan performa menghasilkan keuntungannya. 

Jika kedua aspek ini bagus, pasti fundamental perusahaan bagus. Jadi nilai penny stock tersebut pasti aman untuk dibeli.

CHECK TREND DAN VOLATILITAS
Aturan paling dasar untuk menilai saham-saham yang bagus adalah dengan melihat trend dan volatilitas. 

Jika trend penny stock baik dalam 12 bulan terakhir dengan minimal drop, Anda bisa pastikan saham tersebut stabil aman dan menguntungkan.

Jika nilai stock volatile naik turun tidak beraturan, saham tersebut memiliki resiko tinggi. Tapi saham yang nilainya tidak stabil umumnya memiliki peluang untung lebih besar. 

Jika Anda bisa menempatkan posisi short term yang baik, Anda bisa untung banyak di situasi saham naik turun ini.

RESEARCH BERITA PERUSAHAAN 
Cara terakhir untuk pastikan saham bagus adalah membahas berita tentang perusahaan baik. Perusahaan dengan banyak berita negatif dan isu-isu, pasti memiliki saham yang tidak labil juga. 


Jika berita sudah banyak yang negatif, pasti perusahaan tersebut punya banyak masalah. Saham di perusahaan bermasalah pasti tidak sehat dan beresiko, jadi lebih hati – hati soal ini.

Pilihan saham saham yang bagus akan lebih mudah ditemukan jika Anda mengaplikasikan hal – hal di atas. Semoga bahasan diatas menambah ilmu Anda seputar penny stock dan cara untung menggunakannya. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama