Melihat sepintas memilih saham itu mudah, terutama bagi pemula yang baru saja terjun ke bisnis investasi, nyatanya ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan terlebih dahulu untuk meminimalisir kerugian yang akan timbul suatu hari.
saham yang bagus untuk trading
Tidak sedikit saham yang terlihat baik sebelum dibeli ternyata setelah anda membelinya akan mengalami penurunan dan menyebabkan kerugian.

CARA MEMILIH SAHAM
Sebelum memutuskan untuk mendalami trading lihat terlebih dahulu apa tujuan Anda memilih saham tersebut, sebab tujuan yang berbeda harus disesuaikan dengan indikator yang akan digunakan.

BACA JUGA : Ingin Memulai Saham? Inilah Apps Trading Saham Terbaik, Cocok Untuk Pemula

Jika Anda menggunakan saham untuk investasi, tentu ini berbeda dengan saham untuk trading, sebab saham trading adalah saham yang diperjual belikan.

Sementara investasi adalah saham yang digunakan untuk penanaman modal suatu perusahaan dengan keuntungan yang telah disepakati sebelumnya.

Tentukan terlebih dahulu jenis investasi mana yang akan dipilih, jika bingung simak tips dibawah ini dalam menentukan saham yang bagus untuk trading.

TIPS DALAM MEMILIH SAHAM INVESTASI
  1. Jika menggunakan saham untuk investasi jangka panjang, substansi perusahaan merupakan hal utama, anda tidak bisa menyepelekan tentang pemilihan substansi ini.

    karena jangka waktu investasi anda berlangsung dengan jangka panjang, maka secara otomatis keuntungan investasi anda pun bergantung kepada kinerja perusahaan tersebut.
  2. Gali informasi perusahaan yang akan Anda pilih untuk berinvestasi, pastikan perusahaan tersebut tidak bersifat siklikal.
  3. Dikelola oleh manajemen yang dapat dipercaya
  4. Memiliki bidikan pasar yang terarah dan dominan
  5. Tidak memiliki hutang kepada bank dan obligasi yang melebihi modal perusahaan tersebut
  6. Model bisnis perusahaan transparan dan mudah dipahami
  7. Mempunyai brand yang kuat dan ciri khas yang mudah diingat konsumennya

TIPS DALAM MEMILIH SAHAM YANG BAGUS UNTUK TRADING
Untuk memilih saham trading terbilang cukup mudah karena hanya memerlukan 2 patokan utama yaitu support dan resistan. 


Anda bisa dengan mudah mengikuti pergerakan pasar dan menghasilkan keuntungan secara maksimal jika sudah memahami kedua patokan di atas. 

Di bawah ini sedikit tips yang bisa saya bagikan untuk anda dalam memilih saham trading yang bagus.
  1. Penting bagi anda untuk menentukan terlebih dahulu support dan resistennya
  2. Pilihlah range antara support dan resistan yang tidak begitu sempit
  3. Pastikan anda memilih investasi yang penjualan sahamnya bersifat Liquid
  4. Pilih kondisi saham yang uptrend, disarankan untuk tidak memilih investasi yang downtrend atau Sideways.
  5. Anda bisa menggunakan indikator trading seperti bollinger atau trend channel untuk memantau saham trading milik anda
  6. Belilah saham yang yang harganya berada di area support dan memiliki kemungkinan besar adanya reversal

Setelah mempelajari cara memilih saham yang bagus untuk trading kali ini saya akan merekomendasikan 5 saham blue chip terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi bagi anda dalam penanaman saham.

Semakin majunya teknologi semakin mudah pula bagi orang-orang dalam memilih jenis investasi, mulai dari website hingga apps trading saham terbaik yang bisa di download siapa saja secara gratis. 

Namun bagi pemula disarankan untuk memulai berinvestasi di Blue chip terlebih dahulu. Bagi Anda yang belum memahami apa itu saham blue chip simak penjelasannya di bawah ini.

MEMAHAMI APA ITU SAHAM BLUE CHIP
Blue Chip adalah saham yang yang diluncurkan oleh suatu perusahaan besar dengan laba yang stabil. Kategori saham ini berada dalam daftar indeks LQ45 atau IDX30 dengan kapitalisasi besar. 

Ciri dari saham blue chip adalah keamanannya yang terjamin juga memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Saham blue chip banyak diminati oleh kaum millennial, sebab itulah blue chip menjadi penguasa di sektor industri investasi pada jenisnya. Anda akan mendapat Laporan harian mengenai investasi yang anda beli baik itu dalam kondisi stabil ataupun buruk. Selain itu jika Anda

BACA JUGA : Jangan Lupa untuk Menghitung Harga Saham yang Bagus 2021

membeli saham di Blue chip akan diberikan penghargaan berupa dividen reguler yang terjadwal. Itulah mengapa blue chip menjadi salah satu saham yang bagus untuk trading.

SAHAM BLUE CHIP TERBAIK
1. BCA - BANK CENTRAL ASIA
BCA merupakan salah satu perbankan terbesar di Indonesia yang menyediakan saham blue chip terbaik, dengan pengelolaannya yang efisien dan juga efektif BCA menawarkan Return on asset (ROA) yang tinggi jika dibandingkan dengan bank lainnya.

BCA memiliki saham bervolume 11.378.100 lembar saham dengan harga RP. 31.950 pada tahun 2020 saat pembukuan 2019 BCA membagikan dividen final kepada para investornya sebesar RP.455 per lembar sahamnya.

2. BRI - BANK RAKYAT INDONESIA
Selanjutnya ada saham blue chip dari Bank BRI yang banyak diminati para investor. Pada Juli 2021 BRI berhasil mengumpulkan dana kapitalisasi pasar sebanyak RP. 473 triliun. Saham ini banyak diminati karena memiliki reputasi yang baik serta aktif dalam perdagangan bursa Efek.

BRI berkomitmen untuk memberikan kredit pada para pengusaha kecil seperti UMKM, BRI juga gencar memberikan edukasi tentang saham ini dengan tujuan menarik minat para investor.

3. BANK MANDIRI - BMRI
Bank selanjutnya yang menawarkan saham blue chip adalah Bank Mandiri. Kinerja dari Bank Mandiri mengalami pertumbuhan pesat pada tahun 2019 yakni sebanyak 9,9% dengan keuntungan laba bersih senilai 27,5 Triliun Rupiah.

Saham di Bank Mandiri cenderung stabil karena Bank Mandiri piawai dalam menyeimbangkan pertumbuhan kredit. Jika Anda menyukai investasi jangka panjang Bank Mandiri bisa menjadi pilihan karena memiliki return yang stabil.

4. PT. BANK NEGARA INDONESIA - BBNI
BNI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia milik negara yang menyediakan saham blue chip bagi yang ingin berinvestasi, didirikan sejak tahun 1946 yang lalu BNI berfokus pada ritel dan konsumen.

Tidak hanya menyediakan investasi blue chip anak perusahaan dari BNI juga ada yang bergerak dalam bidang keuangan, asuransi, dan sekuritas.

Investor asing membeli saham mencapai 8,25 juta lembar pada perusahaan BUMN ini, hal ini ini karena BNI berhasil menempati daftar saham teraktif sehingga banyak diincar oleh investor asing.

sejak pandemi covid 19 BNI mengalami perubahan harga yang signifikan dari harga normal, akan tetapi para ahli berpendapat bahwa masa-masa ini adalah waktu yang tepat untuk penanaman saham, karena saat kondisi sudah kembali normal BNI akan mengalami pemulihan yang cepat.

5. UNILEVER - UNVR
Unilever adalah salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang menyediakan penanaman saham blue chip bagi Anda yang berminat berinvestasi. 


Dengan banyaknya produk dan luasnya jangkauan yang dipasarkan oleh Unilever ini memberikan jaminan keamanan bagi investasi anda, Selain itu Unilever juga mempunyai ROE yang tinggi.

Unilever tidak memiliki hutang perbankan karena pendapatannya yang besar hingga melebihi aset perusahaan, di tahun 2021 Unilever masuk dalam indeks saham LQ45. Pada tahun 2018 lalu, profit dari Unilever mencapai 9 Triliun Rupiah.

Itu dia tips saham yang bagus untuk trading dan daftar perusahaan saham blue chip yang bisa anda pertimbangkan jika hendak berinvestasi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama