Apa itu Yandex?? Yandex sendiri merupakan sebuah perusahaan multinasional Rusia yang mengkhususkan dirinya dalam produk dan layanan yang berhubungan dengan Internet, termasuk eCommerce, pencarian, transportasi, informasi, navigasi, aplikasi mobile, layanan dan iklan online.
 
Yandex menyediakan lebih dari 70 layanan secara total, dimana yandex sendiri menyebar kebagian Schiphol, Belanda, Yandex terutama melayani pelanggan di Rusia dan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka.

apa itu yandex

Seperti Google, Yandex merupakan sebuah mesin pencari yang membuat para penggunanya dapat mengakses pencarian sesuai kata kunci yang diberikan melalui internet. hanya saja google sudah sangat terkenal dengan ditambanya smartphone sudah memiliki aplikasi bawaan seperti Google dan Play Store, 

Hal ini dikarenakan Anda dapat menggunakan aplikasi pabrikan tersebut tanpa repot mengunduh dan menginstal terlebih dahulu.

Sejarah Serta Pendiri yandex
Awal mula berdirinya Yandex berawal ditahun 1990'an saat Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky mendirikan Arkadia, sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak MS-DOS untuk digunakan dalam klasifikasi paten dan barang.

Kemudian pada tahun 1993, Arkady Volozh bersama temannya Ilya Sagalovich bekerja sama untuk mengembangkan sebuah mesin pencari di internet.

Mereka akhirnya menggunakan Yandex yang berasal dari kata 'Yet Another iNDEXer'. Yandex pun resmi diperkenalkan kepada khalayak pada September 1997 dan pertama kali dipamerkan di pameran Softool di Moskwa.

Yandex juga menciptakan beragam produk teknologi, seperti aplikasi navigasi, periklanan online, E-Commerce, mesin pencarian internet, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tidak heran jika produk-produk ciptaan Yandex di bidang teknologi sudah sangat dikenal bagi masyarakat Rusia, tidak terkecuali mesin pencarian Yandex yang sudah biasa digunakan bagi masyarakat Rusia.

Yandex sendiri merupakan mesin pencari paling populer di Rusia, bahkan mengalahkan Google. Berdasarkan beberapa sumber, Yandex bahkan memiliki pengguna lebih dari 50 persen di Rusia. Hal ini membuatnya menjadi lebih banyak digunakan daripada Google.

Yandex juga semakin populer di Rusia setelah Smartphone Android di Rusia memutuskan untuk tidak lagi menjadikan Google sebagai mesin pencari default pada perangkat mereka per tahun 2017.

Jadi, masyarakat Rusia sangat paham mengenai nasionalisme dengan menggunakan produk buatan negeri sendiri. Dalam hal ini, yaitu mesin pencarian Yandex, yang tentunya juga didasari oleh kebijakan politik dan ekonomi pemerintahan di sana.

Selain di Rusia, Yandex juga banyak digunakan di Belarusia, Kazakhstan, Tajikistan, dan beberapa negara lainnya. Hal tersebut membuat Yandex menjadi salah satu mesin pencari terbesar kelima di dunia setelah Google, Bing, Yahoo, dan Baidu.

Kelebihan dan Kekurangan Yandex
Setelah sudah mengenal lebih dekat dengan mesin pencari asal Rusia yang bernama Yandex, Anda juga perlu mengetahui bahwa search engine satu ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui lebih detail apa saja kekurangan dan kelebihan mesin pencari ini sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.
Berikut ini informasi lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan mesin pencari Yandex.

Kelebihan Mesin Pencari Yandex
  1. Kemampuan mesin pencariannya cukup bagus walaupun masih kalah dengan Google
  2. Tampilan beranda cukup menarik dengan gaya seperti majalah yang banyak halaman
  3. Pengguna Yandex di wilayah Eropa, khususnya di negara Rusia dan sekitarnya sangat tinggi. Maka dari itu, Yandex dapat menjadi saingan berat untuk Google atau browser lainnya di Eropa
  4. Menu navigasi di mesin pencariannya cukup lengkap serta mudah dipelajari bagi para pengguna pemula. Dengan begitu, Anda dapat lebih cepat untuk mempelajarinya.
  5. Mesin pencarian Yandex memiliki sistem algoritma yang bagus, sehingga bisa menampilkan informasi dengan cukup lengkap dan akurat bagi para penggunanya
Kekurangan Mesin Pencari Yandex
  1. Loading yang dimuat terlalu lama untuk sekelas mesin pencarian. Tetapi lama tidaknya loading dalam sebuah sistem aplikasi juga ditentukan oleh kestabilan jaringan internet yang digunakan.
  2. Sebagian besar pengguna merasa kesulitan dalam menjalankan navigasinya. Bagi masyarakat yang tidak berada di Rusia atau tidak mengerti bahasa pengantar Rusia, akan sulit untuk memahaminya
  3. Alat pencari satu ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah. Sementara untuk perangkat dengan spesifikasi menengah ke atas, Yandex sangat direkomendasikan bagi Anda
  4. Tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada virus, spam, atau Malware di dalam mesin pencarian Yandex. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk memindai dengan antivirus terbaik dan terupdate saat Anda melakukan proses pengunduhan dan penginstalan file aplikasinya di perangkat Anda
  5. Algoritma yang dimiliki Yandex belum dapat menyaingi Google
  6. Cakupan index data dan informasi yang dimiliki Yandex juga belum sedetail Google. Maka dari itu, Yandex dapat dikatakan masih kalah dari Google
Fitur-Fitur yang Terdapat Pada Yandex
Bagi sebuah mesin pencarian, tentunya sudah pasti ada kelebihan, kekurangan, serta fitur-fitur yang terdapat di dalamnya sebagai daya tarik tersendiri bagi para penggunanya.

Bagi masyarakat selain Rusia, tentunya menjadi menarik untuk dicoba. Hal ini dikarenakan ada beberapa fitur menarik yang perlu Anda ketahui di mesin pencarian Yandex. Tiap fitur ada fungsinya tersendiri yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu.

Berikut ini beberapa fitur yang terdapat pada Yandex:
1. Yandex.Browser
Yandex Browser merupakan sebuah layanan browsing untuk mencari dan mendapatkan banyak informasi dengan cara mengaplikasikan mesin pencariannya. Fungsinya mirip seperti Google, namun ada kelebihan dan kekurangannya yang menjadi pembeda.

Seperti dari penampilan situs pencariannya di internet yang memakai bahasa Rusia. Kemudian teknologi yang digunakan dirancang seperti Google Chrome, yaitu berdasarkan Chromium. Anda akan mengetahui perbedaannya saat Anda merasakannya sendiri.

2. Yandex.Connect
Sebuah layanan B2B dari Yandex yang lebih condong untuk konektivitas di jaringan internet yang bermanfaat untuk banyak orang. Secara umum, fitur ini tidak begitu diperlukan.

3. Yandex.DNS
Yandex DNS merupakan sebuah layanan DNS publik gratis yang dirilis Yandex bagi semua penggunanya tanpa terkecuali. Fitur ini gratis, tidak dipungut biaya apapun.

4. Yandex.Disk
Layaknya Google Drive, Yandex juga memiliki layanan penyimpanan digital dalam versi Yandex.

5. Yandex.Images
Merupakan sebuah mesin pencari khusus gambar dari Yandex. Anda dapat mencari gambar yang diinginkan dengan mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu ataupun menggunakan gambar.

6. Yandex.Mail
Sebuah layanan email atau surat elektronik yang tidak memiliki batasan penyimpanan. Kemudian dapat digunakan secara gratis bagi seluruh pengguna Yandex. Fitur ini mirip dengan Google Mail atau Gmail.

7. Yandex.Money
Merupakan sebuah layanan pembayaran digital dari Yandex antar penggunanya. Dengan menggunakan fitur ini, tiap pengguna bisa mentransfer uang dalam jumlah tertentu, bahkan tanpa ada biaya tambahan alias gratis.

8. Yandex.Taxi
Sebuah layanan transportasi dari yandex yang bisa menghubungkan pengguna dengan perusahaan jasa taksi di Rusia. Konsep ini mirip dengan taksi online dengan perantara pihak ketiga.

9. Yandex.Translate
Layaknya Google Translate, Yandex juga memiliki layanan terjemahan teks secara online

10. Yandex.Video
Sebuah layanan pencarian video oleh Yandex yang dapat diakses oleh para penggunanya.

Yandex semakin populer di Rusia setelah ponsel android di Rusia memutuskan untuk tidak lagi menjadikan Google sebagai mesin pencari default pada perangkat mereka per tahun 2017. 

Hal tersebut menjadikan pertumbuhan pengguna Yandex di Rusia semakin berkembang setiap tahunnya hingga menjadikan Yandex sebagai mesin pencari paling populer di Rusia.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai mesin pencari ala Rusia yang bernama Yandex, beserta fitur-fitur, kelebihan, dan kekurangannya sendiri.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama