Bagi anda yang ingin melakukan investasi saham, maka sangatlah penting untuk memilih saham perusahaan yang bagus. Untuk lebih jelasnya, berikut cara memilihnya dengan tepat.
1. KENALI PERUSAHAAN MAUPUN KINERJANYA
Cara memilih saham yang tepat pertama adalah mengenali perusahaannya dengan baik. Beli saham jangan saja karena hasutan, rayuan, bujukan atau ikut-ikutan orang saja.

BACA JUGA : Panduan Belajar Investasi Saham Syariah yang Bagus Untuk Pemula

Namun belilah saham karena anda sudah mengenali perusahaan maupun reputasi pemiliknya. Tentunya semuanya dilakukan dengan melakukan analisis terlebih dahulu. Di cek dan lihatlah laporan keuangannya apakah masuk akal atau tidak.

Dalam laporan keuangan, maka perlu dibedah lagi, seperti valuasinya terjangkau atau mahal, utangnya wajar gak, tingkat pengembalian investasi minimal adalah 15% atau kurang, dan sebagainya.

Sehingga anda perlu membeli saham menggunakan otak, bukan nafsu. Dengan begitu hasilnya jelas. Tidak hanya 5% atau 10%, tetapi ratusan hingga ribuan persen.

2. LABA YANG DICETAK PERUSAHAAN
Cara memilih saham berikutnya adalah lihatlah laba yang dicetak perusahaan. Biasanya naik turunnya dari volume perdagangan saham ini akan mempengaruhi keuntungan atau laba sebuah perusahaan.

Namun sayangnya jika hal ini tidak terjadi, maka hal tersebut telah mengindikasikan jika perusahaan tidak mempunyai fundamental yang bagus, terlebih lagi ketika dilihat melalui laporan keuangannya.

3. LAKUKAN ANALISIS
Jangan lupa melakukan analisis terlebih dahulu saat memilih saham perusahaan yang bagus. Tentunya anda dapat melakukan dua analisis. Yang pertama adalah analisis teknikal, dan yang kedua adalah analisis fundamental.

Yang mana analisis dari segi teknikal ini memakai pergerakan pendekatan saham untuk rentang waktu tertentu, hal ini termasuk pula dengan harga maupun fluktuasi. 

Hingga informasi titik tertinggi maupun titik terendah dari saham. Sedangkan analisis fundamental mengacu terhadap pendekatan kondisi politik, tren usaha dan ekonomi.

4. AMATI PERUBAHAN DARI VOLUME PERDAGANGANNYA
Nah, saham perusahaan terbaik yang harganya meningkat secara drastis akan diiringi pula dengan perubahan volume perdagangan secara signifikan.

Yang perlu diwaspadai yaitu ketika sahamnya yang mendadak populer selama beberapa hari terakhir. Misalnya banyak diburu sahamnya yang terjadi karena pompom saham maupun sentimen lain.

Di saat indikasinya seperti itu, ada kemungkinan bahwa saham tersebut sedang dipermainkan investor pemodal besar. Nah, dari harga yang tadinya tinggi, selanjutnya tiba-tiba anjlok. Maka dari itu, selalu berhati-hati ketika membeli saham.

5. BELI SAHAM YANG MASUK KE DALAM INDEKS TERTENTU
Investasi saham terbaik saat ini memang bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda pilih. Namun anda sebaiknya juga perlu membeli saham yang memang masuk ke dalam indeks tertentu. 


Karena biasanya saham-saham tersebut lebih terpercaya maupun terbukti dapat menjanjikan keuntungan.

Demikianlah 5 cara memilih saham perusahaan yang bagus. Jangan lupa diterapkan ya, berbagai cara yang telah dipaparkan di atas.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama