Bagaimana cara membangun bisnis online? Apakah hal tersebut mudah atau justru sulit untuk dilakukan? Ingin tahu jawaban atas pertanyaan tersebut, mari kita simak penjelasan berikut ini.
Kelebihan Dan Kekurangan Dari Bisnis Online

MENGENAL BISNIS ONLINE
Sesuai dengan nama yang dimilikinya, bisnis online tentunya dilakukan dengan cara online. Dalam hal ini, kegiatan bisnis tersebut dilakukan secara tidak langsung. Pasalnya setiap interaksi dilakukan melalui aplikasi yang tersedia secara online melalui internet.

BACA JUGA : 7 Cara Membuat Bisnis Online Anti Gagal untuk Pemula

Meskipun dilakukan secara online, bukan berarti hal tersebut membatasi jenis bisnis yang ada. Hal ini terbukti melalui berbagai jenis bisnis dan juga bidang usaha lainnya yang dapat dilakukan secara online. Dimulai dari kegiatan bisnis dalam bidang jual beli produk hingga pemberian layanan jasa.

MENGENAL MACAM-MACAM IDE BISNIS ONLINE
Berbicara mengenai bisnis online, tentunya ada banyak ide bisnis online yang dapat Anda mulai dengan mudah. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya :
  1. Bisnis pakaian
    Bisnis pakaian dikenal sebagai jenis bisnis online yang paling banyak dilakukan. Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai gaya fashion terbaru yang tersebar di masyarakat Indonesia. Dimulai dari gaya fashion ala korea, fashion muslimah atau bahkan gaya fashion harian lainnya.

    Hadirnya industri pakaian yang cukup banyak. Tentunya menjadikan Anda sebagai pihak yang membutuhkan cara berbisnis pakaian di rumah dengan baik dan benar. Sehingga bisnis yang Anda jalankan pun dapat berkembang dan meraih keuntungan besar.

  2. Bisnis pulsa
    Cara memulai bisnis online lainnya bisa Anda dapatkan dari penjualan pulsa. Jenis bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal tinggi. Sedangkan untuk pelanggannya sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah.

    Dalam hal ini, Anda bisa menjadikan keluarga, saudara, teman atau bahkan kerabat dekat sebagai target pasar. Dengan demikian, keuntungan pun bisa Anda dapatkan dengan mudah.

  3. Bisnis kuliner
    Cara berbisnis makanan online sedikit berbeda dengan bisnis online shop lainnya. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menyediakan stok terlalu banyak. Terkecuali untuk penjualan makanan frozen food ataupun jenis makanan tahan lama lainnya.

    Sedangkan untuk usaha kuliner siap saji. Pastikan untuk menyediakan bahan yang hendak digunakan secara secukupnya. Dengan demikian, tidak akan ada bahan makanan yang tersisa atau terbuang percuma.

  4. Bisnis dropshipping
    Jenis bisnis online lainnya yang dapat Anda coba lakukan adalah dropshipping jenis bisnis online yang satu ini dikenal sebagai cara membangun bisnis online tanpa modal. Hal ini berkaitan dengan bisnis tersebut yang hanya mengandalkan layanan.

    Dengan kata lain, Anda sebagai pihak yang memulainya tidak perlu menyediakan stok barang. Bahkan Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal. Karena Anda hanya berperan sebagai perantara saja.

  5. Bisnis layanan jasa
    Selain beberapa jenis bisnis online di bagian atas tadi. Anda juga dapat memulai bisnis dengan menyediakan layanan jasa sebagai cara membangun usaha dari nol.

    Dengan menyediakan layanan jasa, Anda tidak membutuhkan modal untuk menyediakan produk. Namun Anda sebaiknya memiliki kemampuan atau keahlian khusus, seperti halnya keahlian membuat desain, menulis dan lainnya. Dengan kemampuan tersebut tentunya cara membuat bisnis online yang sesuai pun dapat dilakukan dengan mudah.

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE
Setelah mengetahui beberapa jenis bisnis online untuk pemula di bagian atas tadi. Berikut ini ada beberapa cara untuk memulai bisnis yang dapat Anda ikuti dan lakukan dengan mudah, di antaranya :
  1. Lakukan riset
    Cara berbisnis yang baik dapat Anda mulai dengan melakukan riset. Dalam hal ini cobalah untuk melakukan pengecekan dari beberapa hal yang berkaitan dengan bisnis online. Seperti halnya pengecekan dari produk yang dibutuhkan masyarakat hingga target pasar yang menjadi tujuan Anda.

  2. Lakukan perbandingan harga
    Mengetahui perbandingan harga produk adalah cara belajar jualan online selanjutnya yang harus Anda perhatikan. Utamanya jika Anda ingin menjual produk dengan jenis yang cukup banyak di pasaran.

    Dengan mengetahui harga produk dan membuat perbandingan. Tentunya Anda pun dapat menentukan harga produk yang Anda miliki dengan baik. 

  3. Gunakan media sosial
    Penggunaan media sosial juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana yang tepat dari cara membangun bisnis online. Karena seperti yang Anda tahu, saat ini masyarakat tidak pernah terlepas dari penggunaan media sosial. Bahkan jangkauan yang dimilikinya pun jauh lebih luas.

    Tidak hanya itu, penggunaan media sosial juga terbilang mudah. Bahkan saat ini ada banyak sekali jenis media sosial yang dapat Anda gunakan. Sehingga jangkauan atas target pasar pun jauh lebih luas.

  4. Sematkan kontak
    Cara berbisnis dengan baik juga dapat Anda lakukan dengan menyematkan kontak secara jelas. Pastikan jika kontak yang Anda gunakan adalah kontak yang aktif dan selalu tersedia setiap saat. Sehingga pelanggan pun bisa mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan jelas.

  5. Pasarkan produk dengan konsisten
    Selain beberapa hal di bagian atas tadi. Pastikan pula untuk memasarkan produk dengan konsisten. Selain dikenal sebagai cara membangun bisnis online shop yang tepat untuk pemula. Proses pemasaran produk juga dapat membantu Anda dalam melakukan branding dengan lebih cepat.

  6. Berikan promosi menarik
    Untuk cara belajar bisnis online lainnya, dapat Anda lakukan dengan menghadirkan promosi menarik. Dalam hal ini, pastikan untuk mempromosikan produk atau bahkan layanan jasa Anda dengan unik. Seperti menghadirkan kegiatan promosi yang berbeda dengan produk serupa dan juga kegiatan promosi lainnya.

  7. Memanfaatkan relasi dan juga kerabat
    Bagian paling akhir dari cara berbisnis yang sukses adalah memanfaatkan relasi dan juga kerabat. Dengan menjadikan mereka sebagai target pasar yang paling pertama.

Tentunya Anda dapat mengetahui dengan pasti apa saja kekurangan dan kelebihan dari bisnis Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjadikan mereka sebagai agen untuk melakukan promosi. Sehingga kegiatan bisnis online Anda dapat dikembangkan dengan lebih mudah dan dalam waktu cepat.

BACA JUGA : 6 Cara Berbisnis dengan Modal Kecil

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BISNIS ONLINE
Setelah mengetahui apa saja ide dan bagaimana tips atau cara agar jualan online laris di bagian atas tadi. Patut untuk Anda ketahui pula bahwa bisnis online hadir dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Seperti halnya :

Kelebihan :
  • Dapat dikerjakan kapan pun di mana pun
  • Modal yang digunakan relatif kecil
  • Jangkauan luas
  • Transaksi jauh lebih cepat
  • Pilihan model bisnis yang lebih beragam

Kekurangan :
  • Memulai bisnis online membutuhkan pengetahuan dan skill khusus
  • Persaingan pasar semakin ketat
  • Belum memiliki payung hukum yang kuat
  • Maraknya penipuan
  • Penggunaan jaringan internet yang belum merata.

BACA JUGA : 3 Cara Agar Usaha Lancar, Sukses, dan Berkembang, Serta Contoh Usaha Yang Menjanjikan

Merujuk pada beberapa kelebihan dan kekurangan di bagian atas tadi. Tentunya dapat Anda lihat bahwa bisnis online juga memiliki beragam keuntungan dan risiko yang cukup beragam. Hal tersebut bahkan terbilang sama dengan jenis bisnis pada umumnya.

Hanya saja bisnis online dinyatakan lebih mudah dan praktis untuk digunakan. Apalagi saat ini masyarakat juga lebih banyak menggunakan dan melakukan interaksi melalui jaringan online. Sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan pun jauh lebih besar.

BACA JUGA : Pahami Cara Berbisnis yang Baik, Dapatkan Keuntungan Maksimal

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai cara membangun bisnis online dengan mudah dan beberapa informasi dasar lainnya untuk Anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama