Semua bisnis besar berawal dari mimpi. Karenanya, bila anda memiliki mimpi untuk menjadi seorang pebisnis sukses, jangan pernah ragu untuk mewujudkannya.

Pun demikian, hambatan akan selalu muncul dalam perjalanan menggapai mimpi anda. Dibutuhkan mental baja, kegigihan, ketekunan, dan tidak lupa pula persiapan bisnis yang matang untuk mengatasinya.

BACA JUGA :
Bicara soal persiapan bisnis, tidak semua orang mengerti hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam memulai sebuah bisnis. Oleh karena itu, artikel kali ini akan menyajikan beberapa cara membuat bisnis sendiri yang bisa anda terapkan.

KIAT SUKSES BERBISNIS
Ada banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan dalam berbisnis, yang dapat dirangkum menjadi 4 hal utama. Keempat hal tersebut antara lain :
  1. Mantapkan Niat
    “Anda ragu-ragu? Lebih baik kembali!” Slogan yang sering kita dengar tersebut juga berlaku saat akan memulai bisnis. Sebab, berbisnis bukanlah hal yang bisa dilakukan setengah hati. Diperlukan totalitas diri dalam menjalaninya sebagai caraberbisnis yang sukses.

    Bila anda khawatir bisnis akan merugi ataupun ragu-ragu akan keberlangsungannya, sebaiknya anda mengurungkan niat berbisnis. Merugi dan bangkrut merupakan hal yang akan selalu membayangi sebuah bisnis, tidak peduli besar ataupun kecil. Bagaimanapun, tidak ada pelaut handal yang tidak diterpa badai.

  2. Jeli melihat peluang
    Jeli dalam melihat peluang juga merupakan cara membuat bisnis sendiri yang penting diterapkan demi meraih kesuksesan.

    Sebagai contoh, Perusahaan Susi Air berdiri karena tiadanya angkutan udara yang efektif untuk mengirim hasil laut dari Pangandaran menuju Jakarta, sehingga pemiliknya berinisiatif untuk mendirikan sendiri angkutan udara demi memenuhi hal tersebut.

    Lambat laun, Susi Air berkembang menjadi perusahaan penerbangan yang disegani dan dikenal hingga mancanegara. Semua itu berawal hanya dari kejelian pemiliknya dalam melihat peluang bisnis.

  3. Rencanakan bisnis sedetail mungkin
    Setelah mengetahui peluang yang ada, tiba saatnya bagi anda untuk merencanakan bisnis yang akan dibuat. Sebagai langkah awal, buatlah sebuah konsep bisnis yang jelas. Konsep bisnis dapat anda tuang pada sebuah kertas coretan, yang kelak akan berupa visi dan misi bisnis anda.

    Visi dan misi bisnis ini kelak akan menjadi arahan kemana bisnis anda akan dibawa, agar tidak melenceng dari jalur. Sebab, seringkali sebuah bisnis gagal ditengah jalan karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

    Setelahnya, anda bisa membuat bisnis plan yang berisi perencanaan bisnis secara keseluruhan, termasuk diantaranya hitungan modal, proyeksi untung rugi, dan lain sebagainya.

  4. Pantang menyerah
    Bila bisnis anda sudah terencana dengan baik, saatnya memulai perjalanan bisnis. Tentu akan terdapat berbagai rintangan sepanjang perjalanan. Terlebih, pelaku bisnis bukanlah hanya anda seorang.

    Jutaan orang diluar sana juga memiliki usaha yang sama seperti milik anda, dan persaingan tentu merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Meski demikian, janganlah cepat putus asa bila bisnis anda terhenti karena suatu hal. Selesaikan setiap masalah dan teruslah berjalan.

Demikian tadi beberapa cara membuat bisnis sendiri yang bisa anda terapkan. Semoga dengannya anda bisa menjadi seorang pebisnis sukses di masa depan kelak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama