Meningkatnya jumlah masyarakat yang melek finansial membuat kegiatan investasi reksadana semakin umum dilakukan. Bahkan, seiring perkembangan teknologi, investasi tersebut dapat dilakukan secara online melalui berbagai aplikasi yang dapat diunduh pada smartphone.

Kendati demikian, memilih produk reksadana yang bagus untuk investasi juga merupakan sebuah tantangan tersendiri. Sebab, layaknya berbagai jenis investasi lainnya, tidak semua produk reksadana dapat memberi keuntungan yang dijanjikan.

Banyak diantaranya yang hanya merupakan kucing dalam karung, sehingga alih-alih untung, anda bisa merugi karenanya. Bila anda masih kebingungan memilih tempat investasi reksadana terbaik, berikut merupakan beberapa diantaranya.

BACA JUGA : Tips Tepat Belajar Dasar Investasi

PRODUK-PRODUK REKSADANA TERBAIK
Produk-produk reksadana dapat anda pilih melalui pasar / marketplace reksadana. Adapaun marketplace reksadana terbesar di Indonesia adalah Bareksa, dengan total 209 produk. Melansir data yang dihimpun dari situs Bareksa, ada beberapa produk reksadana terbaik yang bisa anda pilih, diantaranya :

  1. Batavia Dana Saham
    Batavia Dana Saham merupakan produk reksadana yang diusung PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM). Perusahaan dengan bank kustodian di Jerman ini memiliki pengalaman mumpuni dalam hal manajemen investasi, serta telah malang melintang di Indonesia sejak 1996.

    Batavia Dana Saham mengelola aset bernilai lebih dari 6 triliun rupiah. Nominal ini merupakan yang terbesar dari berbagai produk reksadana lain di Bareksa. Karenanya, PT. BPAM dapat menjadi salah satu tempat investasi reksadana terbaik bagi anda.

  2. Schroder Dana Prestasi
    Produk reksadana saham ini dikelola oleh PT. Schroder Investment Management Indonesia. Hadir di Indonesia sejak 1991, perusahaan ini menyediakan layanan serta jasa investasi bagi nasabah untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial.

    Terhitung tahun 1997, perusahaan ini juga telah mengantungi izin operasi dari Otoritas Jasa Keuangan. Schroder Dana Prestasi memiliki aset kelola sebesar hampir 4,5 triliun rupiah. Proyeksi keuntungan satu tahun dari produk ini yaitu sebesar 13,48%.

  3. BNP Paribas Persona
    BNP Paribas merupakan grup banking terbesar di Perancis sekaligus di Eropa, serta grup banking terbesar ketujuh di dunia jika dilihat dari nilai aset. Di Indonesia, grup banking ini mendirikan PT. BNP Paribas Asset Management sebagai manajer investasi.

    Adapun salah satu produk reksadana perusahaan ini yaitu BNP Paribas Persona. Meskipun total dana kelola produk ini hanya berkisar di angka 1,5 triliun rupiah, namun proyeksi keuntungannya terhitung besar, yaitu mencapai angka pertumbuhan 18,14% dalam satu tahun. Melihat portofolionya. susah untuk menyangkal bahwa BNP Paribas merupakan salah satu manajer investasi reksadana terbaik yang ada di Indonesia.

Tips memilih produk reksadana

Reksadana merupakan kegiatan bisnis di bidang finansial, sehingga anda perlu teliti sebelum melakukannya. 


Memastikan manajer investasi terdaftar di OJK adalah tahap pertama yang perlu anda lakukan sebelum memilih produk reksadana. Selain itu, pahami betul produk yang akan anda pilih, termasuk proyeksi untung ruginya agar anda tidak menyesal. 


Panduan di atas dapat membantu anda dalam memilih tempat investasi reksadana terbaik. Selamat berinvestasi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama