Memulai usaha bisnis dari nol sampai sukses adalah angan-angan bagi semua orang, tidak mudah orang bisa bertahan dengan usaha bisnis yang dijalani. Mulai dari banyaknya hambatan yang datang, ketahanan mental yang kuat, bahkan persaingan bisnis yang tidak sehat.
Alang melintang apapun, bagi seorang pebisnis sudah menjadi resiko yang harus dihadapi. Sebagai pebisnis pemula biasanya mengalami dilema saat memulai membangun usaha bisnisnya, produk apa yang akan dijual? Bagaimana pemasaran? Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang muncul di dalam diri mereka.

BACA JUGA : Cara Membuat Bisnis Online Tanpa Modal, Aman dan Minim Risiko

Anda tak perlu risau lagi melangkah memulai usaha bisnis, setelah mengikuti tips sukses cara berbisnis dengan baik mulai dari nol:
 
1. YAKINKAN DIRI DAN PERSIAPKAN DASAR DALAM BERBISNIS
Berbisnis bukanlah sesuatu yang hanya dicoba-coba, tetapi memerlukan keseriusan dan niat yang matang. Meyakinkan diri adalah modal utama dalam membangun usaha, jauhkan dari pikiran-pikiran kegagalan yang dapat membuat semangat Anda menjadi kendor.
Lakukan bisnis sesuai dengan passion Anda supaya bisnis yang Anda jalani bisa bertahan lama. persiapkan dengan baik ide-ide dasar berbisnis untuk memaksimalkan usaha bisnis yang akan Anda mulai. 

Jika Anda masih ragu dengan usaha bisnis yang akan dimulai, ada baiknya untuk riset terlebih dahulu seberapa banyak pelanggan membutuhkan produk yang akan Anda jual.

Akan lebih menguntungkan lagi jika Anda bisa memproduksi sendiri yang menghasilkan produk berbeda meskipun kegunaannya sama, artinya produk yang Anda jual memiliki keunikan tersendiri dari yang lain. 


Namun, yang paling penting adalah kualitas produk itu sendiri memang bagus dan dipakai oleh penjualnya juga untuk memudahkan pada saat branding.

2. PERSIAPKAN MODAL BISNIS DAN KUASAI BISNIS YANG ANDA JALANI
Ada banyak cara membangun bisnis online dimulai tanpa modal sama sekali, salah satunya jualan online dengan cara menjualkan produk orang lain di sosial media atau menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu sampai modal yang Anda punya sudah cukup untuk mulai membuka lapak sendiri.

Pelajari para pebisnis yang sudah berpengalaman dan sukses membangun usaha bisnisnya, dengan begitu perlahan-lahan Anda dapat menguasai bisnis. Mulailah dengan memikirkan ide-ide kreatif untuk meningkatkan usaha bisnis Anda, ikuti trend yang sedang booming sebagai salah satu peluang bisnis Anda terutama menarik perhatian untuk masyarakat urban.

3. FOKUS DAN KEMBANGKAN SATU BISNIS TERLEBIH DAHULU
Biasanya para pebisnis pemula, saat usaha bisnisnya mulai ramai tidak sabaran ingin menambah usaha bisnis yang lain. 

Sehingga bisnis awal yang sudah diatur menjadi berantakan dan tidak terkendali, pastikan terlebih dahulu usaha bisnis Anda benar-benar stabil baik pengelolaannya, pelayanannya, dan semua kebutuhan terpenuhi baru menambah bisnis yang lain.

4. BERANI MENGHADAPI RESIKO YANG KEMUNGKINAN BISA TERJADI
Resiko menjadi seorang pebisnis memang selalu ada, melalui perencanaan yang matang sekalipun fakta dilapangan terkadang tidak sesuai yang diharapkan, jangan pesimis tetap persiapkan mental Anda untuk kemungkinan terburuk.
 
BACA JUGA : Rekomendasi Aplikasi Reksadana yang bagus untuk pemula memulai investasi di usia muda

Anggaplah itu sebuah proses perjalanan bisnis Anda untuk lebih baik lagi kedepannya. Cara berbisnis dengan baik tidak cukup hanya branding produk namun tanpa diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik juga, Anda akan kesulitan mengatur modal selanjutnya. Terus berpikir positif dan belajar dari orang-orang yang sukses membangun usaha bisnisnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama