Banyak pendaki yang tidak sampai tujuan atau tidak sampai puncak yang dituju. jika pernah mengalami hal tersebut karena kurang persiapan atau hal lainnya maka semua terjadi begitu cuma ada penyesalan. untuk itu dari beberapa pengalaman dan sumber saya akan bagi-bagi tips mendaki gunung untuk pemula yang harus di lakukan agar bisa sampai puncak. Oke langsung saja ke tips mendaki gunung bagi pemula.

tips mendaki gunung pemula 2020


BACA JUGA : Tips Memilih Lipstik untuk Kulit Sawo Matang


1. RISET GUNUNG YANG AKAN DIDAKI

Pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tau serta mempelajari tentang gunung yang hendak didaki dengan begitu kita akan mengetahui kondisi, rute dan persiapan yang cocok dilakukan dalam pendakian.

selain itu, kita juga perlu mengetahui jarak tempuh yang akan dilalui supaya bisa mempersiapkan mental dan kondisi fisik yang memadai. jangan lupa untuk memperhitungkan waktu yang normal untuk menuju pulang dari puncak, agar tidak terlalu larut malam ketika pulang kerumah.

2. PERLANGKAPAN DAN KONSUMSI YANG HARUS DIBAWA
Dengan mempelajari poin pertama, yaitu mengetahui kondisi gunung tentunya kita akan memahami peralatan dan konsumsi yang baik untuk dibawa. perlengkapan dan bahan yang terlalu banyak juga dapat membebani jika tidak digunakan. Adapaun Untuk peralatan yang umum untuk pendaki bisa anda lihat dibawah ini.

  1. Tas Gunung
    Tas gunung atau biasa disebut carrirer juga menjadi peralatan penunjang saat kamu ingin mendaki gunung. Tas ini cukup memegang peranan penting sebab fungsinya sebagai media penyimpanan barang-barang yang akan dibawa.

    Pilihlah tas gunung yang memiliki kapasitas besar dan sesuai dengan bentuk tubuh manusia, khususnya pada bagian punggung. Pasalnya, bila kamu membawa alat-alat naik gunung yang satu ini dalam bentuk kecil, dapat dipastikan kamu bakal merasakan pegal dan sakit pada bagian belakang tubuh karena terlalu banyak membawa alat-alat naik gunung dalam waktu lama.

  2. Jaket Gunung
    Biar semkain terasa hangat ketika mendaki, sebaiknya kamu tidak melupakan alat-alat naik gunung yang satu ini. Jaket sangat diperlukan saat suhu udara di kawasan gunung tiba-tiba saja mengalami penurunan. Selain hangat, jaket pun bisa kamu gunakan untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari saat mendaki.

  3. Jas Hujan
    Perubahan cuaca yang terjadi saat tiba-tiba, membuat para pendaki wajib memasukkan jas hujan sebagai alat-alat naik gunung. Apabila kamu tidak memilikinya, besar kemungkinan keinginanmu untuk mendaki hingga puncak gunung tidak akan terealisasikan.

  4. Tenda
    Kita bisa memilih alat-alat naik gunung ini yang berjenis dome. Dimana tenda dome berbentuk kuba dan mampu menahan angin. Selain itu, pastikan pula tenda yang dibawa sesuai kapasitas dari kelompok pendakimu.

  5. Bahan dan Peralatan Masak
    kamu wajib membawa bahan makanan dan camilan sehat untuk menghindari rasa lapar dan haus ketika mendaki gunung. Bila bahan makanan yang kamu bawa ternyata masih dalam keadaan mentah, sebaiknya bawa pula peralatan memasak seperti kompor kecil, gas kaleng, cooking set, hingga pisau.

  6. Peralatan Medis
    Selain obat-obatan, kamu juga bisa membawa deker elastis, bidai, dan perban sebagai bentuk antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, seperti patah tulang atau terkilir.

  7. Sepatu Gunung 
    Terkait pemilihan bahannya sendiri, kamu dapat menggunakan sepatu hiking yang memiliki alas empuk, waterproof, dan grip tebal. (Sepatu / sendal yang memang telah di desain khusus untuk kegiatan mendaki gunung)

  8. Sleeping Bag
    Sleeping bag merupakan kantung tidur yang digunakan untuk tidur sekaligus sebagai penghangat. Saat bermalam di puncak gunung, suhu biasanya sangat dingin. Oleh karena itu, membawa sarung tak akan menghangatkan dan membawa selimut juga akan memakan banyak tempat.

  9. Trekking pole
    Trekking pole atau tongkat gunung menjadi salah satu benda yang wajib kamu tahu. Tongkat ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika turun atau naik gunung.

  10. Alat komunikasi
    Alat komunikasi ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada teman pendaki maupun basecamp ketika kamu sedang mengalamai keadaan “benar-benar darurat”. Misalkan Radio HT
     
  11. Alat penerangan
    Alat penerangan seperti senter juga perlu untuk Anda bawa saat mendaki dengan cahaya kuning karena warna tersebut bisa menembus kabut. Tetapi jika menggunakan lampu LED, Anda bisa memodifikasinya dengan menempelkan mika berwarna kuning. 

  12. Sarung tangan 
    Karena telapak tangan itu bisa dibilang sensitif dengan hawa dingin dan goresan. Alangkah baiknya memasukkan sarung tangan ke dalam daftar perlengkapan mendaki gunung kamu ya.

  13. Buff / kupluk / topi 
    untuk melindungi bagian kepala dari hawa dingin dan teriknya matahari


Perlengkapan gunung


3. BAWA TEMAN YANG SUDAH BERPENGALAMAN
menjadi satu poin penting bagi pendaki pemula yakni sudah berpengalaman mendaki gunung. para pendaki dikenal dengan solidaritasnya yang tinggi, sehingga meraka akan menjaga kamu selama pendakian Mereka juga terbiasa dengan membantu anda dengan membawakan barang barang berat bawaanmu.

BACA JUGA : Tips berteman dengan pria tanpa harus jatuh cinta

4. SIAPKAN FISIK
Hal yang perlu dipersiapkan sebagai tips naik gunung untuk pemula adalah soal kondisi fisik. Sejak beberapa minggu sebelum mendaki, biasakan diri untuk berolahraga rutin. Seperti jogging, angkat beban, latihan bernapas dengan baik, dan lain sebagainya.

5. PELAJARI TEKNIK KESELAMATAN
Jangan hanya siap melihat pemandangan indah, tapi antisipasi juga kemungkinan terburuknya sat naik gunung. Tips naik gunung untuk pemula lainnya adalah dengan mempelajari Teknik keselamatan.

Misalnya, cara mengatasi hipotermia, gejala gangguan pernapasan, membersihkan luka luar dan lain sebagainya. Agar kamu bisa mengontrol diri maupun menolong rekan yang mengalami kecelakaan saat mendaki.

BACA JUGA : Tips Memilih Wanita Yang Baik Untuk Masa Depanmu

6. BERSIKAP BAIK DAN JAGA SIKAP
Jagalah sopan santun saat naik gunung. Bersikap baik pada sesama pendaki, penduduk lokal, serta yang paling penting adalah menjaga lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan meskipun kamu berada di alam bebas.


7. IKUTI INSTRUKSI DAN LARANGAN PETUGAS GUNUNG
Sebelum mendaki kita tentunya harus mendaftar dulu ke petugas gunung setempat, nah setelah kita melakukan proses pendaftaran tersebut pastinya petugas gunung akan memberikan intruksi dan larangan ketika kita dalam perjalan mendaki gunung. Maka patuhilah instruksi dan larangan yang merekan sampikan.

BACA JUGA : Penghasil Uang Internet Tak Perlu Modal, Pasti Cuan

8. JANGA LUPA BERDOA
Tips naik gunung untuk pemula yang terakhir adalah dengan berdoa. Kesehatan spiritual yang baik dengan sang Pencipta juga akan memdorongmu untuk berpikiran positif sepanjang pendakian.


Catatan : 
Poin penting dalam mendaki adalah mendapatkan izin dari keluarga.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama