Masker terbuat dari kopi bisa menyimpan berbagai manfaat lain yang sayang apabila diabaiakan. Bahkan scrub kopi bisa membuka pori-pori yang tersumbat serta menyamarkan garis-garis halus pada wajah.

membuat masker kopi yang benar

Kandungan asam didalam kopi membantu mengangkat sel kulit mati. Masker ini juga bisa memperlancar aliran darah ke jaringan kulit sehingga kulit tampak cerah bersinar. dikutip dari hellosehat.com.

Baca Sebelum Membuat Masker Kopi
Kopi memang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kulit Anda. Namun, ingat bahwa kopi bukanlah satu-satunya bahan perawatan kulit, atau bahkan yang terbaik, bagi Anda. Ada banyak pilihan efektif lain untuk membantu merawat kulit Anda.

Produk perawatan kulit apa pun yang Anda gunakan, membutuhkan waktu untuk bekerja. Jadi, jangan berharap mendapatkan hasil yang instan.

Meski menggunakan bahan-bahan alami, penting untuk diketahui bahwa bahan tersebut tidaklah selalu aman bagi beberapa orang. Apabila jenis kulit Anda sensitif, jangan pernah mencoba perawatan kulit sembarangan, sekalipun perawatan yang Anda lakukan memakai bahan alami.

Jangan pernah juga menggosok-gosok kulit Anda terlalu kencang, tak peduli apa pun jenis kulit Anda. Kebiasaan ini justru dapat mengiritasi kulit.

Berkonsultasi ke dokter kulit adalah solusi terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang sedang Anda alami.

Tips Membuat Masker Kopi
dibawah ini akan ada 3 metode yang bisa anda pilih, pilihlah metode yang menurut anda lebih gampang untuk di kerjakan
Pastikan sebelum membuat masker kopi alami sendiri di rumah, dengan menggunakan kopi segar, bukan ampas ataupun kopi instan sachet. Pilih juga jenis Kopi Robusta yang memiliki kandungan kafein dua kali lipat lebih banyak daripada Kopi Arabika.

Metode 1
  1. Siapkan 1 cangkir bubuk kopi giling kasar dan 1 cangkir minyak kelapa murni (virgin coconut oil/VCO). Bisa juga menggantinya dengan minyak lain pilihan Anda, misalnya minyak zaitun.
  2. Campurkan semua minyak dan bubuk kopi giling ke dalam sebuah mangkuk. Jika Anda menggunakan minyak kelapa, Anda bisa cairkan minyak kelapa dalam microwave terlebih dahulu selama 20-30 detik.
  3. Aduk semua bahan menjadi adonan kasar.
  4. Anda bisa gunakan kuas khusus masker atau dengan tangan Anda.
  5. Oleskan secara merata masker kopi ke seluruh tubuh Anda, termasuk wajah dan daerah selulit, dengan pijatan gerakan melingkar.
  6. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas bersih dengan air hangat.
  7. Ulangi setidaknya seminggu dua kali

Metode 2
  1. Siapkan 2 sendok bubuk kopi giling dan 1 sendok yogurt plain.
  2. Campurkan semua bahan dalam sebuah mangkok.
  3. Oleskan secara merata masker kopi ke kulit wajah dan leher Anda.
  4. Pijat lembut di area tersebut dan diamkan selama beberapa menit.
  5. Bilas bersih dengan air hangat.
  6. Gunakan setidaknya dua kali seminggu.

Metode 3
  1. Siapkan 1 cangkir garam laut (sea salt) atau garam epsom, 2 sendok makan kopi bubuk, dan 1/4 cangkir minyak kelapa asli.
  2. Campurkan semua bahan dalam sebuah wadah lalu aduk-aduk.
  3. Di kamar mandi, oleskan masker kopi secara merata di seluruh tubuh dengan pijatan ringan yang melingkar.
  4. Perhatikan area yang kasar dan kering seperti siku dan lutut.
  5. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih.
  6. Minyak kelapa mungkin akan membuat lantai atau bak mandi Anda licin, jadi harap berhati-hati.
Setelah anda membaca Tips Membuat Masker Kopi diatas, saya akan sajikan manfaat dari Masker Kopi Tersebut

1. Mencegah kanker kulit
Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal daring Proceeding National Academy of Sciences, kopi bisa mencegah kanker kulit. Penelitian yang dilakukan tahun 2011 ini menemukan senyawa kafein pada kopi bisa melindungi kulit dari risiko kanker kulit.

Kopi bisa mengurangi efek paparan sinar matahari bahan sinar UV pada kulit sehingga resiko terkena kanker kulit lebih rendah.

2. Memudarkan selulit
Efek kopi yang bertindak sebagai eksfoliator bisa membantu menyamarkan selulit. Hal ini didukung sebuah studi yang diterbitkan Journal of Cosmetology pada tahun 2008 silam.  Kopi yang dibuat scrub bisa membantu menyamarkan selulit dengan beberapa cara. Pertama, kafein dalam kopi membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi munculnya selulit. Kedua, kopi kaya antioksidan yang dianggap membantu memperbaiki tekstur kulit.

3. Mengusir mata panda
Ketika dioleskan pada kulit, kafein membantu mengurangi munculnya mata pand. Menurut pakar kesehatan kulit, Jeanette Graf, M.D, kafein bisa menyempitkan pembuluh darah dibawah kulit sehingga “bengkak” yang ada di bawah mata perlahan-lahan memudar.  Selain itu, kafein mengurangi penggumpalan darah di bawah mata yang menjadi penyebab mata panda.

Share dan follow website salahloebang.my.id agar anda bisa mendapatkan artikel lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kita semua. terimakasih

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama