Seperti yang kita ketahui, manajer dibayar untuk membuat keputusan dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kinerja perusahaan atau pun sebuah lembaga organisasi. bila seorang manajer melaksanakan pekerjaan dengan baik maka perusahaan berkembang dengan cepat. tapi jika sebaliknya, hasilnya akan menjadi buruk.


Walaupun tugas manajer tidak hanya itu, Secara sederhana manajer merupakan orang yang memanage atau mengatur suatu proses manajemen.

Definisi lain manajer yaitu seseorang yang berpengalaman, berwawasan dan berkemampuan baik sehingga disadari oleh organisasi sebagai seorang yang capable untuk mengarahkan, memimpin, memanage, serta melakukan pengembangan terhadap organisasi dalam rangka pencapaian tujuan.

Tetapi kali ini saya akan memberikan beberapa hal umum mengenai tips untuk membuat keputusan sebagai manajer dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut.

Tips Membuat keputusan sebagai manajer
sebagai manajer anda harus menerapkan dasar-dasar Planning, organizing, staffing, directing, motivating, allocating, monitoring, controlling dan informing.

Planning - Gunakan waktu anda untuk menetapkan tujuan tujuan dan menunjukkan sebagaimana cara mencapainya.
Organizing - menggambar (design) sistem terbaik untuk mencapai tujuan
Staffing - memastikan ada staf-staff (karyawan) yang melaksanakan semua pekerjaan.
Directing - membimbing dan mengarahkan para karyawan
Motivating - memberdayakan dan mendorong para karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik
Allocating - menempatkan sumber daya
Monitoring - memeriksa kemajuan kearah tujuan
Controlling - memastikan bahwa perusahaan berjalan tepat sasaran
informing - mensosialisasikan kemajuan

hindari membuat keputusan dengan menunda pekerjaan sehingga pada akhirnya semua terlambat dan jangan sampai mencoba untuk menyerahkan keputusan kepada orang lain.

dan perlu anda ketahui sebagai manajer harus bertanggung jawab terhadap keputusan, sebab keputusan terbaik tidak akan ada gunakanya jika tidak diimplementasikan. implementasi ini memerlukan suatu kombinasi dari komunikasi, persuasi, komitmen dan kemampuan.

tidak ada manajer yang tidak pernah membuat kesalahan, pasti ada!
jika anda sudah membuat keputusan terbaik yang bisa anda lakukan, maka sempurnakanlah dengan mempertanggungjawabkan keputusan yang anda buat tersebut.

Maria O' Connor dari Ticketmaster BASS mengatakan
Tetapi saya kira keputusan terbesar adalah bertanggung jawab terhadap apa yang anda lakukan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama